ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN PESISIR BARAT DALAM MENINGKATKAN PENGHASILAN NELAYAN TRADISIONAL DI KECAMATAN PESISIR TENGAH

ARDIAN, NUR (2021) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN PESISIR BARAT DALAM MENINGKATKAN PENGHASILAN NELAYAN TRADISIONAL DI KECAMATAN PESISIR TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARDIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nelayan tradisional adalah nelayan yang memanfaatkan sumber daya perikanan dengan peralatan tangkap tradisional, modal usaha yang kecil, dan organisasi penangkapan yang ralatif sederhana. Kabupaten Pesisir Barat memiliki panjang garis pantai lebih kurang 210 km yang terbentang dari Kecamatan Bengkunat di bagian selatan sampai Kecamatan Lemong di bagian utara adalah merupakan wilayah yang sangat potensial untuk di kembangkan baik di sektor kelautan maupun di sektor perikanan. Melihat kenyataan ini, pemerintah daerah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan berperan serta dalam meningkatkan penghasilan nelayan tradisional di Kecamatan Pesisir Tengah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu bagaimana peran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Barat dalam meningkatkan penghasilan nelayan tradisional di Kecamatan Pesisir Tengah dan bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap peran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Barat dalam meningkatkan penghasilan nelayan tradisional di Kecamatan Pesisir Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Barat dalam meningkatkan penghasilan nelayan tradisional di Kecamatan Pesisir Tengah yaitu melakukan pembinaan dan pendampingan, memberikan sarana dan prasarana peralatan penangkapan, sosialisasi penggunaan peralatan tangkap, dan membantu nelayan dalam hal pemasaran hasil tangkapan. Analisis fiqh siyasah telah sesuai dengan siyasah tanfidziyyah antara hubungan pemimpin, rakyat dan lembaga dengan melaksanakan Undang-Undang yang berlaku sesuai dengan tugas dan fungsi secara berkeadilan guna mewujudkan kesejahteraan dan kemaslahatan rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 06:59
Last Modified: 28 Jan 2021 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item