PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

INNE, DWI UTARI (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of INNE DWI UTARI 1611050214 (SKRIPSI FULL).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK Oleh: INNE DWI UTARI Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku digital berbasis STEM serta mengetahui kelayakan, respon kemenarikan peserta didik, dan efektivitas dari buku saku digital berbasis STEM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bentuk aljabar dan persamaan linear satu variabel (PLSV). Subyek penelitian ini ialah peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan memanfaatkan model ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu: Analysis, design, development, implementation, and evaluation. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket validasi yang diberikan kepada validator ahli materi dan ahli media, serta angket respon peserta didik. Hasil analisis data validasi dari ahli materi dan ahli media memperoleh rata-rata nilai 3,87 oleh ahli materi dan 3,54 oleh ahli media sehingga buku saku digital dinyatakan dalam kategori layak digunakan. Hasil analisis data uji respon kemenarikan memperoleh rata-rata nilai akhir sebesar 3,43 untuk uji coba kelompok kecil dan 3,6 untuk uji coba kelompok besar sehingga buku saku digital yang dikembangkan dinyatakan dalam kriteria interpretasi sangat menarik digunakan. Uji efektivitas buku saku digital berbasis STEM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik tidak dapat terlaksana karena adanya keterbatasan akibat pandemi COVID-19 yang melemahkan semua aspek kehidupan termasuk pendidikan sehingga berdampak pada proses pembelajaran di sekolah menjadi Belajar dari Rumah (BDR). Oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini hanya dilaksanakan hingga tahap development pada uji respon kemenarikan peserta didik terhadap buku saku digital berbasis STEM yang telah dikembangkan. Kata Kunci: Buku Saku Digital; Science, Technology, Engineering, And Mathemtics (STEM); Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 06:16
Last Modified: 28 Jan 2021 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13081

Actions (login required)

View Item View Item