METODE KYAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN DESA SIDOHARJO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

HERWIN, LINDA SARI (2021) METODE KYAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN DESA SIDOHARJO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan spritual adalah kecerdasan untuk mengenali fitrah yang ada pada dirinya, sehingga menjadikan aktifitas kesehariannya dalam bentuk ibadah dan pengabdian kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kecerdasan spritual yang dimiliki seorang santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin. Masalah yang terjadi di pondok pesantren yaitu banyak santri yang melanggar larangan dan tidak melaksanakan perintah dari Allah Swt. Sample dalam penelitian ini berjumlah 14 orang dari populasi seluruh objek di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin ini berjumlah 533 orang yang terdiri dari 49 ustadz/ustadzah, 180 santri putra dan 304 santri putri. Jenis penelitian ini bersifat field Research dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Permasalahan penelitian adalah bagaimana metode kyai dalam meningkatkan kecerdasan spritual santri sehingga santri memiliki tingkat ketakwatan yang tinggi kepada Allah SWT. Adapun hasil dari penelitian menunjukan bahwa metode-metode yang diberikan kepada santri dan yang sangat efektif dalam menigkatkan kecerdasan spritual adalah metode sorongan, metode bandongan, metode weton, metode hafalan dan metode pembiasaan. Metode-metode tersebut berupa pengajian yang dilakukan ba’da magrib dan ba’da isya, doa-doa, solat berjamaah, pembacaan kitab-kitab dan mengaji kitab suci al-qur’an. Bimbingan ini efektif diberikan kepada santri sehingga hasil dari metode yang diberikan oleh kyai adalah meningkatkan ketakwaan dan keimanan seorang santri, berfikir positif, memiliki akhlaq yang baik, bertanggung jawab, istiqomah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 05:39
Last Modified: 28 Jan 2021 05:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13072

Actions (login required)

View Item View Item