PEMBERDAYAAN USAHA EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada Usaha Bunga, Desa Gunung Terang Langkapura bandar Lampung)

Dina, Fatmawati (2021) PEMBERDAYAAN USAHA EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada Usaha Bunga, Desa Gunung Terang Langkapura bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1, 2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (751kB)
[thumbnail of SKRIPSI DINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Keberadaan usaha buket bunga di Gunung Terang, Langkapura, Kota Bandar Lampung telah mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran di wilayah tersebut. Total bunga yang diedarkan mencapai 90,5% dari total kebutuhan di Kota Bandar Lampung dan usaha buket bunga di daerah tersebut didukung oleh pemerintah maupun kelompok masyarakat dalam rangka meningkatkan kreativitas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh ekonomi kreatif terhadap pendapatan ekonomi keluarga dan bagaimana pandangannya dalam perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan merupakan penelitian field research dengan menyebarkan kuisioner kepada responden yang menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian diambil menggunakan porposive sampling atau pengambilan sampel dengan kriteria tertentu sehingga didapatkan sebanyak 52 sampel. Hasil penelitian menunjukkan pemberdayaan usaha ekonomi kreatif memiliki pengaruh terhadap pendapatan ekonomi keluarga yang terlihat dari nilai t hitung sebesar 6,286 dan t tabel sebesar 1,67469. Dengan demikian nilai t hitung > t tabel sehingga memiliki arti varibel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Ketika pemberdayaan usaha ekonomi kreatif meningkat 1% maka pendapatan ekonomi keluarga akan meningkat 0,49%. Dalam ekonomi Islam, pemberdayaan dan memiliki pendapatan merupakan hal yang diperintahkan Allah namun hal tersebut harus dilakukan dengan cara yang halal. Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Pendapatan Ekonomi Keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:52
Last Modified: 27 Jan 2021 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item View Item