PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT DAN PUNISTMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU KECANDUAN SMARTPHONE PADA PESETA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RUSWAN, NUR (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT DAN PUNISTMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU KECANDUAN SMARTPHONE PADA PESETA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi ruswan fiks.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Kecanduan Smartphone adalah suatu problem individu yang dapat menyebabkan kerugian pada diri sendiri dan hilang kontrol, sehingga bermasalah dengan hubungan sosial, keluarga, pendidikan dan pekerjaan. Peserta didik yang kecanduan smarphone biasanya memiliki ciri-ciri merasa senang dengan media sosial, perlu waktu tambahan dalam mencapai kepuasan sewaktu menggunakan media sosial, kurang mampu mengontrol, mengurangi, dan menghentikan penggunaan media sosial, dan merasa gelisah, murung, depresi, dan kurang stabil secara emosi (marah) ketika berusaha mengurangi atau menghentikan penggunaan Smartphone. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik behavior contrak dan punishmen dalam mengatasi kecanduan smartphone peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA 14 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian preexperimental designs yang menggunakan pola one-group pretest-posttest designs, yang dilaksanakan dengan adanya tes awal (pretest), pemberian perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 14 Bandar Lampung, kemudian didapatkan 9 sampel dengan menggunakan konseling kelompok dengan teknik Behavior Contract dan Punishment untuk mengatasi kecanduan Smartphone pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan pretest dan posttest menunjukan perbedaan yang siginfikan, dapat dilihat dari hasil pretest yaitu 102,3 dan hasil posttest mengalami penurunan menjadi 39,6, Selain itu nilai hasil uji Wilxoxon asymp.sig.(2-tailed ) = 0,008 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat kesimpulan bahwa dengan menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract dan punishment berpengaruh untuk menangani peserta didik yang memiliki kecanduan Smartphone. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Behavior Contract dan Punishment, Kecanduan Smartphone.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:01
Last Modified: 27 Jan 2021 05:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13041

Actions (login required)

View Item View Item