PENGARUH PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada BPRS Bandar Lampung)

YENITA, FITRIANA (2021) PENGARUH PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada BPRS Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI PADA BPRS BANDAR LAMPUNG) Salah satu penentu keberhasilan manajemen perusahaan adalah ketersediaan terhadap data dan informasi perusahaan yang akurat, sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan, pemantauan dan juga evaluasi. Namun masalah yang terjadi dilapangan justru masih sering dijumpai perusahaan yang menyediakan informasi dengan kualitas yang belum mampu memuaskan penggunanya sehingga berdampak kepada kurang efektifnya keputusan yang diambil dari informasi tersebut. Pada era globalisasi seperti saat ini, memberikan pengaruh terhadap penggunakan teknologi khususnya dalam pengolahan dan penyajian informasi yang lebih akurat, relavan, tepat dan juga lengkap. Agar dapat dimanfaatkan tidak hanya oleh manajemen perusahaan namun juga oleh pihak luar perusahaan, maka informasi akuntasi terkait dengan keuangan dan lainnya haruslah disajikan dan disusun dalam bentuk yang sesuai. Oleh sebab itu maka diperlukan suatu sistem yang dapat mengatur pengolahan data akuntansi perusahaan agar dpat menghasilkan informasi yang sesuai dan dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang membutuhkan. Terkait dengan hal tersebut, peneliti hendak melakukan penelitian di Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah (BPRS) Bandar Lampung. peneliti menduga bahwa terdapat pengaruh antara sistem informasi akuntansi dengan kinerja keuangan BPRS Bandar Lampung. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Penelitian kuantitatif menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada BPRS Bandar Lampung) berpengaruh secara signifikan. Hasil pengujian diperoleh nilai t hitung untuk variabel pemanfaatan SIA terhadap kualitas kinerja keuangan menunjukkan nilai t hitung = > t tabel = 2,036 dengan signifikansi 0.000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0.05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.05. Dengan arah koefisien positif, dengan demikian diperoleh bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa SIA memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kualitas kinerja keuangan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:53
Last Modified: 26 Jan 2021 07:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item View Item