ANALISIS KINERJA PEMERINTAH DESA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Pos Pelayanan Terpadu di Desa Sukabanjar, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan)

Agustina, Nurhayati (2021) ANALISIS KINERJA PEMERINTAH DESA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Pos Pelayanan Terpadu di Desa Sukabanjar, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Pusat BAB 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Full Agustina Nurhayati (1651010530).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat setempat, hak asal usul dan atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia. Desa dibekali dengan pedoman dan petunjuk teknis perencanaan dan pengelolaan keuangan desa dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Pengelolaan keuangan desa dapat dijadikan sebagai knowledge based society karena dapat mengakomodir banyak hal yang berhubungan dengan penyelanggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan pada masyarakat di desa. Pemerintah Desa adalah bagian dari birokrasi negara dan sekaligus sebagai pemimpin lokal yang memiliki posisi dan peran yang signifikan dalam membangun dan mengelola pemerintahan desa. Pemerintah desa mengemban tugas utama dalam hal menciptakan kehidupan yang demokratis, mendorong pemerdayaan masyarakat serta memberikan pelayanan publik yang baik. Kinerja Pemerintah Desa Sukabanjar dapat dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan. Dari penjelasan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kinerja pemerintah desa terkait dengan kualitas pelayanan publik, bagaimana kepuasan masyarakat atas kualitas pelayanan publik dan bagaimana kinerja pemerintah desa menurut perspektif ekonomi islam. Untuk itu dalam penelitian ini mengangkat judul “Analisis Kinerja Pemerintah Desa Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, menurut sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam langkah menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data adalah kinerja Pemerintah Desa Sukabanjar dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Desa Sukabanjar Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan berjalan dengan bagus, akan tetapi belum sepenuhnya rencana program kerja terlaksana. Menurut warga Desa Sukabanjar kinerja pemerintah desa sudah dapat dirasakan manfaatnya. Dalam perspektif ekonomi islam Pemerintah Desa Sukabanjar sudah memenuhi kriteria dalam AlQur’an dan sunnah. Kata Kunci : Kinerja Pemerintah Desa, Kualitas Pelayanan Publik, dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2021 05:46
Last Modified: 26 Jan 2021 05:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13006

Actions (login required)

View Item View Item