TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGUPAHAN ATAS JASA PEMASANGAN KIJING PADA MAKAM (Studi Kasus di TPU Kelapa Tiga Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung)

Gema, Hadi Syah Putra (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGUPAHAN ATAS JASA PEMASANGAN KIJING PADA MAKAM (Studi Kasus di TPU Kelapa Tiga Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (967kB)
[thumbnail of SKRIPSI GEMA HADI SYAH PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Upah adalah wujud saling tolong menolong sesama manusia yang saling memberi timbal balik yang baik yakni memberikan manfaat kepada penyewa dan mendapatkan upah (ujrah) bagi si penyewa atau pemberi manfaat tersebut. Ujrah terhadap praktik pengupahan jasa pemasangan kijing pada makam di TPU Kelapa Tiga, Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung. Yaitu antara Pemakai Jasa dan Penyedia jasa yang telah melakukan perjanjian untuk memasangkan kijing pada makam, namun pihak pemakai jasa tidak membayarkan ujrah sesuai kesepakatan atau akad yang sudah disepakati sebelumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pengupahan atas jasa pemasangan kijing pada makam yang terjadi di TPU Kelapa Tiga Tanjung Karang Pusat kota Bandar Lampung, dan bagaimana Tinjauan Hukum Islam tentang Pemasangan Kijing pada Makam. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami tentang praktik pengupahan atas jasa pemasangan pada makam yang terjadi di TPU Kelapa Tiga Tanjung Karang Pusat kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui dan memahami Tinjauan Hukum Islam tentang Pengupahan atas jasa Pemasangan kijing pada makam. Adapun metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif dengan pendekatan induktif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengelolahan datanya dilakukan melalui editing, rekonstruksi data dan sistematika. Berdasarkan hasil penelitian praktik pengupahan atas jasa pemasangan kijing pada makam di TPU Kelapa Tiga antara pemakai jasa dan penyedia jasa ada ketidaksesuaian atau keterlambatan pembayaran yang sudah disepakati sebelumnya. Dalam praktiknya seorang yang menyediakan jasa pemasangan kijing pada makam sudah melakukan kewajibannya sesuai dengan pesanan, namun pada saat pembayaran pemakai jasa menyalahi akad pembayarannya yang tidak sesuai di awal akad. Mengacu pada praktik yang terjadi terdapat rukun dan syarat akad yang tidak dipenuhi dalam kaidah hukum islam. Sehingga Tinjauan Hukum Islam tentang Pengupahan atas Jasa Pemasangan Kijing pada Makam yang terjadi di TPU Kelapa Tiga Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung hukumnya makruh karena terdapat perbuatan dzolim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2021 09:53
Last Modified: 21 Jan 2021 09:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item