IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU TEKNIK PUNISHMENT OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEREDUKSI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTSN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FEBRI, ANGRAINI (2021) IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU TEKNIK PUNISHMENT OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEREDUKSI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTSN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Membolos diartikan sebagai perilaku peserta didik yang tidak masuk sekolah dengan alasan yang tidak tepat. Atau bisa dikatakan dengan ketidak hadiran tanpa alasan yang jelas. Membolos merupakan salah satu bentuk dari kenakalan peserta didik, yang jika tidak segera diselesaikan atau dapat dicari solusinya dapat menimbulkan dampak yang lebih parah. Oleh karena itu penanganan peserta didik yang suka membolos menjadi perhatian yang sangat serius. Berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi peserta didik yaitu perilaku membolos maka guru BK melakukan upaya dengan menggunakan konseling individu teknik punishment untuk mengatasi perilaku membolos peserta didik di MTsN 2 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk perilaku membolos peserta didik, faktor penyebab peserta didik membolos, pelaksanaan dan hasil pelaksanaan konseling individu teknik punishment dalam mereduksi perilaku membolos peserta didik kelas VIII MTsN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan pelaksanaan konseling individu teknik punishment dalam mereduksi perilaku membolos peserta didik kelas VIII MTSN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian dskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individu teknik punishment di MTsN 2 Bandar Lampung mengalami penurunan dalam perilaku membolos nya, hal ini dapat dilihat pada absensi peserta didik yang berisi absen yang baik dan tidak ada keterangan yang tidak jelas lagi seperti masuk hanya saat jam akhir pelajaran, sering memberikan surat izin ketika tidak sedang sakit, atau tidak masuk sekolah dan tetap berada didalam kelas meskipun guru mata pelajaran tesebut tidak ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:18
Last Modified: 21 Jan 2021 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12963

Actions (login required)

View Item View Item