ANALISIS IMPLEMENTASI FATWA DSN-MUI NOMOR 4/DSN-MUI/2000 TENTANG MURABAHAH PADA KSPPS BMT DANA MULYA SYARIAH CANDIPURO LAMPUNG SELATAN DAN KSPPS BTM BINA MASYARAKAT UTAMA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

JULIANA, JUL (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI FATWA DSN-MUI NOMOR 4/DSN-MUI/2000 TENTANG MURABAHAH PADA KSPPS BMT DANA MULYA SYARIAH CANDIPURO LAMPUNG SELATAN DAN KSPPS BTM BINA MASYARAKAT UTAMA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS J U L I A N A.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of TESIS 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Penulisan tesis ini dilatarbelakangi keingintahuan penulis untuk mengetahui mekanisme pembiayaan pada BMT DMS dan BTM BIMU dalam mngaplikasikan produk pembiayaan Murabahah. Secara lebih spesifik, kajian ini ditujukan unutk menganalisa kesesuaian fatwa DSN-MUI tentang Murabahah dengan tata cara operasional pembiayaan Murabahah pada BMT DMS dan BTM BIMU. Disamping itu, posisi sentral DSN-MUI sebagai pemegang otoritas terhadap status kehalalan produk di Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia maka LKMS wajib untuk patuh kepada semua fatwa DSN-MUI dalam hal produk-produk keuangan yang mereka praktikkan. Produk pembiyaan Murabahah merupakan produk pembiayaan yang certainly profit dan profitable, maka menjadi produk unggulan pada BMT DMS dan BTM BIMU. Rumusan masalah pada tesis adalah Bagaimana implementasi pembiayaan murabahah di BMT DMS dan BTM BiMu Dan Bagaimana analisis fatwa DSN MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 terhadap pembiayaan murabahah di BTM BiMu dan BMT DMS. Dengan tujuan adanya penelitian tesis ini adalah Mengetahui pelaksanaan pembiayaan murabahah di BTM BiMu dan BMT DMS serta Mengetahui analisis fatwa DSN-MUI terhadap pembiayaan murabahah pada BTM BiMu dan BMT DMS. Metode pengolah data dari penelitian yang digunakan, yaitu dengan wawancara, observasi dan metode studi pustaka atau dengan data primer dan data sekunder. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang mana data diperoleh dengan cara observasi. Selain kedua metode tersebut penelitian ini menggunakan metode pustaka yaitu dengan buku-buku yang bersangkutan dengan judul dan penelitian ini juga ditunjang oleh adanya data primer dan sekunder yang diperoleh dari beberapa literatur yang terkait dengan penelitian. Ada metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat analisa deskriptif kualitatif. Selain itu analisis juga menggunakan analisis induktif, dengan menarik hal-hal yang bersifat khusus ke dalam hal-hal yang bersifat umum. Setelah dilakukan analisis terhadap data BMT, kemudian ditafsirkan dengan kerangka pemikiran berdasarkan studi pustaka. Terakhir adalah menarik kesimpulan sesuai dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan implementasin Murabahah di BTM BiMu dan BMT DMS secara umum menggunakan dua model, yaitu Murabahah Langsung dan murabahah diwakilkan (bil wakalah). Praktik pembiayaan Murabahah Langsung secara umum telah memenuhi ketentuan yang difatwakan oleh DSN-MUI, karena pihak BMT dan anggota biasanya bersamasama ke supplier, sehingga ada transparansi dari kedua belah pihak tentang harga perolehan, penentuan harga jual dan diskon dari suplier. Sedangkan Murabahah diwakilkan yang barangnya akan dibeli belum bisa diketahui secara pasti harga perolehannyanya sebelum akad dan karena tidak memungkinkan adanya bukti pembelian oleh anggota dari supplier, maka penentuan harga jualnya di muka atau ketika pada saat pengajuan pembiayaan Murabahah dan secara prinsip barang tersebut belum dibeli atau menjadi hak milik BMT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:51
Last Modified: 12 Mar 2021 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12938

Actions (login required)

View Item View Item