PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DENGAN RELIGIUSITAS (Studi di SMK Bina Latih Karya Kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung)

FETI, YUNITA SARI (2021) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DENGAN RELIGIUSITAS (Studi di SMK Bina Latih Karya Kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (739kB)
[thumbnail of SKRIPSI FETI YUNITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Interaksi Sosial Dengan Religiusitas (Studi di SMK Bina Latih Karya Kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung) Oleh: Feti Yunita Sari Religiusitas merupakan bentuk penghayatan yang diaktualisasikan dalam perilaku sehari-hari sesuai ajaran agama sebagai manifestasi umat beragama yang terdiri dari kepercayaan, peribadatan, pengetahuan, dan pengalaman. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi religiusitas antara lain; faktor eksternal yaitu dari pendidikan dan tekanan sosial lingkungan sekitar dan faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu baik berupa pengalaman maupun berbagai kebutuhan yang tidak terpenuhi. Dalam hal ini, interaksi sosial berkontribusi dalam mempengaruhi religiusitas individu melalui proses kontak sosial dan komunikasi di lingkungan sekolah. Remaja yang berperan sebagai peserta didik tentunya didominasi oleh pengaruh teman sebayanya, tak terkecuali religiusitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh antara interaksi sosial dengan religiusitas pada siswa SMK BLK Bandar Lampung. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara interaksi sosial dengan religiusitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif survei korelasional dengan menggunakan angket skala interaksi sosial dan skala religiusitas sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Bina Latih Karya Bandar Lampung sejumlah 364 peserta didik, kemudian sampel yang diambil sebagai responden sejumlah 49 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan nilai koefesien korelasi rxy = 0,413 dengan nilai p = 0,003. Dimana p<0,01 yang dapat dinyatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu semakin tinggi interaksi sosial maka religiusitas peserta didik juga akan meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial berpengaruh pada religiusitas peserta didik kelas XI di SMK BLK Bandar Lampung, yaitu melalui aspek kontak sosial dan komunikasi yang memengaruhi dimensi peribadatan, pengetahuan agama, dan pengamalan. Aktivitas keagamaan yang dilakukan meliputi shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, tadarus bersama, berpartisipasi dalam perayaan hari besar keagamaan dan kajian keagamaan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa variabel interaksi sosial berpengaruh secara positif signifikan terhadap religiusitas peserta didik di SMK Bina Latih Karya Bandar Lampung sebesar 17%, sedangkan sisanya sebesar 83% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci : interaksi sosial, religiusitas, peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:43
Last Modified: 20 Jan 2021 04:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

View Item View Item