PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI STRATEGI POSTER SESSION DI SMP AN-NUR TULANG BAWANG TENGAH

SOFIANA, DEWI (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI STRATEGI POSTER SESSION DI SMP AN-NUR TULANG BAWANG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu hasil belajar yang rendah dan juga penggunaan strategi pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan strategi pembelajaran Poster Session yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII A di SMP An-Nur Tulang Bawang Tengah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Apakah hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui strategi Poster Session pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP An-Nur Tulang Bawang Tengah? Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Selain itu, penelitian ini menggunakan beberapa metode penelitian seperti observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Oleh karena itu, data yang diperoleh oleh peneliti melalui data observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan. Selain itu, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan setelah proses tindakan persiklus. Hasil dari penelitian ini bahwa setelah menggunakan strategi pembelajaran Poster Session dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII A di SMP An-Nur Tulang Bawang Tengah. Hasil belajar yang diperoleh adalah kenaikan hasil belajar peserta didik sesuai dengan KKM yaitu 73 dan mencapai ketuntasan belajar yaitu 85 % . Dengan ini dapat dibuktikan dengan uraian berikut: pada hasil pra penelitian hasil belajar yang tuntas mencapai 30,7 % sementara yang belum tuntas sebesar 69,2 %. Kemudian pada siklus I hasil belajar peserta didik yang tuntas mencapai 61,5 % sementara yang belum tuntas sebesar 38, 4%. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar peserta didik yang tuntas mencapai 88, 4 % dan yang belum tuntas sebesar 11,5 %. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Poster Session dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A di SMP An-Nur Tulang Bawang Tengah. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Strategi Poster Session

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:28
Last Modified: 19 Jan 2021 06:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12924

Actions (login required)

View Item View Item