IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 37 BANDAR LAMPUNG

PUTRI, NORA SANDI (2021) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 37 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 17 2 FIX.pdf] PDF
Download (866kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penyesuain diri merupakan salah satu persyaratan penting bagi terciptanya kesehatan jiwa/mental individu. Penelitian ini dilakukan karena berdasarkan data dilapangan masih ada peserta didik yang menunjukkan perilaku yang lemah dalam menyesuaikan diri/beradaptasi di lingkungan sekolah yang mana hal ini nantinya jika dibiarkan akan sangat berpengaruh ke banyak hal lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan konseling individu dengan teknik token economy dalam meningkatkan penyesuaian diri peserta didik, dalam penelitian ini teknik yang dipakai adalah Token Economy yaitu salah satu teknik modifikasi perilaku, yang dalam pelaksanaannya didasarkan pada pendekatan perilaku yang menggunakan penguatan positif atau disebut juga Positive Reinforcement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif Deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 peserta didik di kelas VIIIB di SMPN 37 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi yang kemudian ditriangulasikan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian yang mengalami masalah ketidakmampuan untuk menyesuaikan diberikan penguatan postif dengan teknik Token Economy selama dua pekan dan di beri reward saat berhasil melakukan hal yang telah di sepakati terlihat mengalami peningkatan perilaku positif yang di buktikan dengan peningkatan skor di kartu kendali perilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:39
Last Modified: 18 Jan 2021 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12903

Actions (login required)

View Item View Item