BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUNIR AL-ISLAMY KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU

SITI, NURHASANAH (2021) BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUNIR AL-ISLAMY KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan rohani Islam merupakan suatu kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan religiusitas santri terutama remaja yang mengalami pergoncangan jiwa, melakukan dan mengikuti apa saja yang mereka senangi dan lalai dalam memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan religiusitas dan untuk mengetahui hasil pelaksanaan bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan religiusitas dalam hal keimanan dan ketakwaan santri. Sampel penelitian ini berjumlah 11 orang dari populasi seluruh objek penelitian di Pondok Pesantren Sl-Munir Al-Islamy berjumlah 139 orang. Jenis penelitian ini bersifat Field Research dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Permasalahan penelitian adalah bagaimana bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan religiusitas santri sehingga menjadi kebiasaan baik yang selalu tertanam dalam kehidupan seharu-hari. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan rohani Islam yang diberikan adalah kegiatan bimbingan spiritual berisi tausiyah, dzikir, dan doa-doa juga bimbingan ibadah berisi kegiatan ibadah seperti shalat, puasa, dzikir dan membaca serta memahami Al-Quran. Metode yang digunakan adalah metode lisan, audio visual, akhlak dan keteladanan. Sedangkan materi yang digunakan adalah materi aqidah, akhlak dan ibadah. Bimbingan ini efektif untuk diterapkan sehingga hasil dari pelaksanaan bimbingan rohani Islam adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan santri, memiliki sikap positif, bertanggung jawab, istiqomah dan tawakal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:47
Last Modified: 18 Jan 2021 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12901

Actions (login required)

View Item View Item