ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA BMT AL-HASANAH LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Lutfi, Amsary (2017) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA BMT AL-HASANAH LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_full_BARU.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

BMT merupakan lembaga keuangan alternatif bagi masyarakat ekonomi menengah yang tidak dapat dijangkau oleh bank. Eksistensi BMT yang berdasarkan sistem syariah ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas ekonominya. Untuk menjaga eksistensinya BMT harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran, strategi pemasaran merupakan hal yang penting didalam lembaga keuangan.Strategi pemasaran ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan mengenal produk yang dimiliki lembaga keuangan tersebut. Setiap lembaga keuangan di hadapkan dengan masalah mengenai pemasaran produk, Oleh karena itu, sangat diperlukan strategi pemasaran yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai pemasaran dalam Islam, khususnya pada BMT Al- Hasanah Lampung agar masyarakat bisa lebih mengenal dan memahami jasa-jasa yang diberikan sehingga hal tersebut akan berdampak pada peningkatan jumlah nasabah BMT Al-Hasanah Lampung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana strategi pemasaran pada BMT Al-Hasanah Lampung dalam meningkatkan jumlah nasabah, Bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang strategi pemasaran pada BMT Al-Hasanah Lampung dalam meningkatkan jumlah nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada BMT Al-Hasanah Lampung dalam meningkatkan jumlah nasabahdan pandangan ekonomi Islam tentang strategi pemasaran pada BMT Al-Hasanah Lampung dalam meningkatkan jumlah nasabah Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah badan pengawas, pengurus, dan pengelola BMT Al-Hasanah Lampung. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah direktur, marketing maal, kabag. umum dan SDI. Untuk analisis data penulis menggunakan metode berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BMT Al-Hasanah Lampung dalam meningkatkan jumlah nasabahnya yaitu: Meningkatkan kualitas sumber daya insani dalam proses pelayanan kepada nasabah (sasaran untuk semua produk), Meningkatkan kegiatan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat, baik dilakukan dengan cara door to door maupun silaturahmi di sebuah acara dengan cara mempromosikan melalui periklanan berupa spanduk maupun brosur (sasaran untuk semua produk), Memberikan program pinjaman Qardhul hasan bagi pelaku usaha kecil yang mempunyai potensi dalam berwirausaha (sasaran untuk produk pembiayaan), BMT Al-Hasanah lampung Memberikan apresisasi kepada nasabahnya khususnya untuk produk simpanan yang meningkatkan jumlah saldo tabunganya ( sasaran untuk produk simpanan). Dan dalam kegiatan pemasarannya BMT Al-Hasanah juga mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix), 4P yaitu product, price ,place,dan promotion.Pandangan ekonomi Islam tentang strategi pemasaran yang dilakukan BMT Al-Hasanah Lampung dalam meningkatkan jumlah nasabahnya, sudah sesuai dengan prinsip syariah dan tidak bertentangan dengan etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Feb 2017 03:28
Last Modified: 22 Feb 2017 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item