PROGRAM PONDOK PESANTREN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN (Studi Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung)

Hairul, Dani (2021) PROGRAM PONDOK PESANTREN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN (Studi Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Hairul Dani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Program merupakan suatu sistem yang dibuat atau diciptakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pendidikan yang sedang berlangsung Pesantren kampus (Ma‟had Al-Jami‟ah) merupakan disorientasi dan Keniscayaan reorientasi pengembangan model pesantren dalam kehidupan Mahasiswa Kehidupan dalam Pesantren tidak terlepas dari nilai-nilai Agama Islam serta Norma-norma dan kebiasaan-kebiasaan pesantren dalam kehidupan sehari-hari yang tentunya sangat berbeda dengan kehidupan di lingkungan sekitar. Kehidupan santri, tidak terlepas dari kontrol yang dilakukan oleh para pengurus pondok pesantren supaya bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dapat mengetahui Halal- Haram, Waijb-Sunnah, dan sebagainya. Semua itu dipandang dan dilaksanakan sebagai ibadah keagamaan dengan memperhatikan semua yang berasal dari hukum Islam. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua, yakni apa saja program Ma‟had Al-Jamiah dalam meningkatkan perilaku keagamaan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pondok pesantren dalam meningkatkan perilaku keagamaan di Ma‟had Al-Jamiah UIN Raden Intan Lampung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam penelitian ini yang menjadi key informan yaitu Mudir. Teori yang digunakan adalah teori struktur fungsional-Talcott Parsons. Melihat program pesantren dalam meningkatkan perilaku keagamaan santri Ma‟had Al-Jamiah UIN Raden Intan Lampung. Maka dari hasil penelitian ini ditemukan: (1) Program yang diterapkan oleh Ma‟had Al-Jamiah UIN Raden Intan Lampung dalam meningkatkan perilaku santri yaitu kegiatan akademik meliputi Pembelajaran Kitab-Kitab Kuning. Penunjang akademik ada Peraktik Pengamalan Ibadah (PPI), Al-Qur'an dan Tahjfidz (QITA), Muhadoroh, dan kegiatan sosial keagamaan. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pondok pesantren mahasiswa Ma‟had Al- Jamiah UIN Raden Intan Lampung ini dalam menjalankan seluruh program pembelajaran yang ada yaitu sebagai berikut: faktor pendukung ialah tenaga pendidik yang kopeten dalam bidangnya masing-masing, Sarana dan prasarana dalam pesantren seperti masjid, asrama, kitab klasik, serta alat-alat kesenian dan olahraga, kurikulum yang baik serta dukungan alumni. Adapun penghambatnya, yang pertama, Perbedaan latar belakang pendidikan mahasantri sebelumnya karena sulitnya mahasantri yang daya tangkapnya rendah dalam menerima materi yang di berikan oleh tenaga pengajar ta‟lim. Kedua, Kemalasan mahasantri itu sendiri karena mahasantri adalah mahasiswa, maka banyaknya tugas-tugas dari kampus dn kegiatan di ma‟had sangat padat, maka waktu mereka banyak digunakan untuk beristirahat, serta mahasantri yang memang lulusan dari pesantren merasa sudah bisa, meraka sering menyepelekan pelajaran yang diberikan oleh tenaga pengajar dan merasa malas untuk menghadiri ta‟lim. Kata Kunci:Program,Ma‟had Al-Jamiah, Meningkatkan Perilaku Keagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2021 03:49
Last Modified: 13 Jan 2021 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12861

Actions (login required)

View Item View Item