BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF ANAK TUNAGRAHITA DI PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS (PKLK) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG

SITI, NUR KHOLIFAH (2021) BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF ANAK TUNAGRAHITA DI PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS (PKLK) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER_BAB I-II_DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anak tunagrahita yang memiliki kecerdasannya jauh di bawah rata-rata yang dikenal juga sebagai keterbelakangan mental karena keterbelakangan kecerdasannya, yang memiliki permasalahan seperti perilaku hiperaktif yang mana anak mengalami gangguan pemusatan perhatian, perilaku yang berlebihan, tidak terkendali, dan juga memiliki emosi sehingga perlu diberikan terapi untuk mengurangi perilaku hiperaktif pada anak tunagrahita salah satunya dengan behavior therapy. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan behavior therapy untuk mengurangi perilaku hiperaktif anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang guru dan 20 orang tua anak tunagrahita yang hiperaktif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Purposive Sampling untuk menentukan sample dan sample yang sesuai dengan kriteria adalah 2 orang guru yang menjadi wali kelas, dan 5 orang tua anak tunagrahita ringan. Adapun prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan pelaksanaan behavior therapy ada lima tahapan yaitu pertama, melakukan asesmen meliputi pemeriksaan tumbuh kembang anak. Kedua, psikolog memberikan rekomendasi yang meliputi saran. Ketiga, pelaksanaan terapi menggunakan teknik modifikasi perilaku, Keempat, evaluasi pelaksanaan terapi. Kelima tindak lanjut, jadi dengan tindak lanjut perilaku hiperaktif sudah menurun, mereka sudah mampu berperilaku baik, sudah mampu bersabar, mengontrol diri, makan dan minum sendiri, memakai baju dan sepatu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:01
Last Modified: 07 Jan 2021 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12847

Actions (login required)

View Item View Item