PEMANFAATAN PROGRAM KEAGAMAAN PADA YOUTUBE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS V MIN 11 BANDAR LAMPUNG

Fitri, Yana (2021) PEMANFAATAN PROGRAM KEAGAMAAN PADA YOUTUBE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS V MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (751kB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PEMANFAATAN PROGRAM KEAGAMAAN PADA YOUTUBE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS V MIN 11 BANDAR LAMPUNG Oleh Fitri Yana Proses pembelajaran sejarah kebudayaan islam selama ini masih konveksional yang berdampak pada kurangnya pemahaman dan pengalaman peserta didik terhadap pelajaran sejarah kebudayaan islam. Maka dengan memanfaatkan YouTobe dalam proses pembelajaran merupakan cara untuk megatasinya dan diharapkan pendidik dan peserta didik tidak sukar lagi dalam ,mendapatkan materi pelajaran yang sedang berlangsung. Yang menjadi permasalahan peneliti adalah bagaimana bentuk pemanfaatan YouTobe dalam pembelajara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bentuk pemanfaataan YouTobe dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan di MIN 11 Bandar Lampung. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan metode wawancara, observasi, dan dokumetasi. Hasil dari wawancara, observasi, dan dokumetasi kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan meggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan hasil data hasil wawancara dan dengan dokumetasi . Hasil penelitian pada faktor pendukung dari pemanfaatan YouTobe dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MIN 11 Bandar Lampung adalah kebijakan sekolah dalam membuat dan melaksanakan program pembelajaran menggunakan YouTobe, kooperatifnya semua pihak untuk membantu kelancaran belajar, ide dan kemauan peserta didik dan pendidik yang saling mendukung untuk berpikir kreatif dan kritis. Faktor penghambatnya dan minimnya kecepatan akses wifi yang disediakan dari sekolah sehingga terkadang mempengaruhi kualitas video yang ditampilkan. Kata Kunci: YouTobe dan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:30
Last Modified: 06 Jan 2021 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12832

Actions (login required)

View Item View Item