IMPLEMENTASI STRATEGI HEURISTIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 PESAWARAN

TIARA, SEPTA (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI HEURISTIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memperoleh informasi secara mendalam tentang implementasi strategi heuristik dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 18 Pesawaran dengan melihat dari: (1) Bagaimana pelaksanaan strategi heuristik di SMP Negeri 18 Pesawaran; (2) Bagaimana minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 18 Pesawaran; (3) Apa saja faktor penghambat strategi heuristik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 18 Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat yang menjadi objek penelitian adalah SMP Negeri 18 Pesawaran. Waktu penelitian dimulai dari bulan Agustus - September dari tanggal 10 Agust- 05 Sept 2020. Subyek penelitian ini dalah personil sekolah itu sendiri, yaitu dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran, peserta didik, dan lingkungan sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tentang implementasi strategi heuristik dalam meningkatkan minat belajar PAI peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 18 Pesawaran adalah sebagai berikut: (1) Hasil observasi pelaksanaan strategi heuristik terlihat bahwa peserta didik mulai merasa senang dalam menjawab pertanyaan yang di berikan oleh pendidik maupun teman, mereka juga mulai aktif dalam berargumentasi sesuai dengan tema yang di berikan oleh pendidik, keaktifan peserta didik sangat terlihat melakukan kegiatan tanya jawab dalam kelas. (2) Hasil wawancara dengan guru PAI di SMP Negeri 18 Pesawaran diketahui minat belajar peserta didik rendah. Menurut beliau, minat belajar peserta didik rendah, terbukti dari kehadiran pada absen, keseriusan dalam kelas, kepatuhan terhadap gurunya misalnya dalam hal hafalan, PR, tugas, dan lain-lain yang sering kali terabaikan. (3) Faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar dapat diketahui yakni faktor eksternal dan internal diantaranya latihan dan ulangan (motivasi belajar), sifat-sifat belajar peserta didik, keluarga (orang tua). Kata Kunci : Implementasi Strategi Heuristik, Meningkatkan Minat Belajar PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:29
Last Modified: 05 Jan 2021 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12819

Actions (login required)

View Item View Item