PENGARUH STRATEGI SPIRITUAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

RILLA, ADELIA CITA (2020) PENGARUH STRATEGI SPIRITUAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI RILLA ADELIA CITA 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari latar belakang masalah yang perlu pembaruan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Bandar Lampung yang terbilang masih rendah. Metode yang digunakan pendidik dalam mengajar di kelas belum bervariasi sehingga peserta didik merasa bosan, kurang bersemangat dalam belajar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Strategi Spiritual Teaching. Rumusan Masalah pada penelitian pada penelitian ini ialah : ―Apakah Terdapat Pengaruh Strategi Spiritual Teaching terhadap Motivasi Belajar Peserta didik kelas X di SMK Negeri 2 Bandar Lampung.‖ Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh Strategi Spiritual Teaching terhadap Motivai belajar peserta didik kelas X di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian ini yang digunakan yaitu metode Kuantitatif. Jenis Penelitiannya adalah Quasi Ekperiment design yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperiment. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Bandar Lampung mengambil sampel 33 peserta didik dari kelas X TKR 1 dan 33 peserta didik sebagai kelas Eksperimen dan dari kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol, Sampel diambil dengan menggunakan Random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi untuk kelompok kelas Eksperiment dan kelompok kelas Kontrol. Berdasarkan hasil Analisis data menggunakan analisis statistik sederhana dengan rumus T-tes dengan aplikasi SPSS Versi 25, mendapat nilai sig (2-tailed) =0,00 yang artinya lebih kecil dari 0,05, Thitung = 0,00 dan Ttabel = 0,05, maka dapat dikatakan Ha diterima, adanya perbedaan rata-rata nilai kelas Ekperiment (X TKR 1) dengan kelas kontrol (X TKR 2) terhadap motivasi belajar peserta didik dengan selisih nilai kelas Eksperiment 93 dan kelas kontrol 87. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi Spiritual Teaching terhadap Motivasi Belajar Peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMK Negeri 2 Bandar Lampung untuk kelas X TKR 1 sebagai kelas Eksperimen. Kata kunci : Spiritual Teaching, Motivasi Belajar PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:07
Last Modified: 29 Dec 2020 06:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12793

Actions (login required)

View Item View Item