PELAKSANAAN GURU FIQIH DALAM PENILAIAN RANAH AFEKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

SUTIYAH, SUTIYAH (2020) PELAKSANAAN GURU FIQIH DALAM PENILAIAN RANAH AFEKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada hakekatnya kemampuan peserta didik berbeda-beda terutama dari segi kognitif (pengetahuan) Afektif (sikap) psikomotorik (keterampilan), dengan adanya penilaian Afektif guru dapat menilai siswa dari segi sikap dalam proses pembelajaran. Juga dapat mengetahui perkembangan kemampuan peserta didik, dan untuk mengetahui apakah guru sudah berkembang dengan menggunakan penilain Afektif tersebut atau belum. Penilaian Afektif merupakan salah satu penilaian pengamatan pada perubahan tingkah laku yang berhubungan dengan apa yang dapat diperbuat atau dikerjakan oleh peserta didik dibandingkan dengan apa yang diketahui atau dipahami. Penilaian afektif ini dapat diukur dengan wawancara, observasi, dan kuesioner (angket), sosiometri dan skala sikap dengan menggunakan skala likert untuk memudahkan guru dalam menilai nilai afektif peserta didik seperti sikap, minat, motivasi dan moral peserta didik. Dalam penelitian ini hanya membahas tentang Pelaksanaan Guru Fiqih Dalam Penilaian Ranah Afektif Pada Peserta Didik Kelas VIII A Di Mts Negeri 2 Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pelaksanaan Guru Fiqih Dalam Penilaian Ranah Afektif Pada Peserta Didik Kelas VIII A Di Mts Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan alat pengumpul data dalam melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membuktikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pelaksanaan penilaian Afektif dan hasil dari pelaksanaan tersebut yaitu sikap belajar peserta didik, minta belajar peserta didik,motivasi belajar peserta didik dan moral,maka jika dapat diukur dengan keempat aspek tersebut dalam penerapan pelaksanaan penilaian non tes dalam pembelajaran Fiqih pada materi tentang sujud syukur di kelas VIII A dapat diartikan sudah berjalan tepat dalam guru mengukur nilai afektif pada peserta didik dengan terbukti banyaknya peserta didik yang meningkat dalam hasil belajar baik nilai afektif. Hasil nilai afektif seperti sikap mencapai 38%, minat mencapai 38%, motivasi 31% serta moral mencapai 41%, dan nilai keseluruhanSeperti nilai PH mencapai 91%, lalu keseluruhan nilai proyek 85 %, praktek 87% dan portofolio 85% pada keseluruhan nilai peserta didik dengan pembelajaran fiqih materi sujud syukur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:36
Last Modified: 29 Dec 2020 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12786

Actions (login required)

View Item View Item