MASRURON, APRIYADI (2020) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI SDIT PERMATA BUNDA I BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Manajemen pemasaran memiliki peran yang sangat penting bagi setiap lembaga pendidikan, hal ini mengingat semakin banyaknya lembaga pendidikan yang menjadi pesaing dalam memberikan pendidikan kepada anak bangsa. Manajemen pemasaran di SDIT Permata Bunda 1 Bandar Lampung sangat berperan dalam meningkatkan minat calon peserta didik baru, hal ini dibuktikan dengan jumlah pendaftar di SDIT Permata Bunda selalu lebih unggul dibandingkan sekolah sekitarnya diantaranya seperti SD Global Surya, SD IKT Robbi Rodhiyah. Oleh karenanya, untuk menjawab pernyataan di atas, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan staf disekolah. Data dianalisis dengan cara mereduksi, menyajikan data, Conclusing Drawing/Verification Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran pendidikan di SDIT Permata Bunda 1 Bandar Lampung dibagi dalam 3 tahapan yaitu: 1.) Perencanaan melakukan perencanaan dengan melakukan rapat awal tahun yang melibatkan kepala sekolah dan stakeholder, dalam membentuk panitia pemasaran (PPDB), dirumuskan tujuan pemasaraan, menentukan media pemasaran serta target jumlah peserta didik yang akan direkrut. 2) Pelaksanaan pemasaran yaitu memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah, meningkatkan melalui prestasi peserta didik baik akademik maupun non akademik, menyabarkan pamflet, memasang spanduk dan melakukan pemasaran melalui media internet yaitu melalui whatsapp sotory dewan guru, instagram dan mengunggah video profil sekolah ke akun youtube. 3) Pengawasan yaitu kepala sekolah melakukan kontrol terhadap Tim PPDB secara langsung dan pengawasan tak langsung yaitu melalui dokumentasi pelaksanaan setiap berlangsungnya kegiatan pemasaran. Pengawasan juga dilakukan setiap akhir palaksanaan kegiatan sebagai bentuk evaluasi.Upaya sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat dengan memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah, meningkatkan mutu pendidikan melalui prestasi peserta didik baik akademik maupun non akademik, meningkatkan mutu SDM, melakukan pemasaran dengan membuat pamflet, spanduk dan promosi melalui media social (Website, Youtube, Instagram dan Whatssapp story dewan guru). Kata Kunci: Manajemen Pemasaran Pendidikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Dec 2020 08:13 |
Last Modified: | 22 Dec 2020 08:13 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12748 |
Actions (login required)
View Item |