POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP REMAJA PENYANDANG AUTIS (STUDI KASUS PADA 3 KELUARGA DI PERUMAHAN KAYU MANIS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG)

AYU, WULAN DARI (2020) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP REMAJA PENYANDANG AUTIS (STUDI KASUS PADA 3 KELUARGA DI PERUMAHAN KAYU MANIS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPU PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AYU WULAN DARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua yang diterapkan orang tua ke pada anak-anak remajanya dalam membantu mengembangkan diri anak-anak remajanya dalam sebuah perkembangan mereka.Dari anak yang berkebutuhan khusus seperti autis.Yang berjudul pola asuh orang tua terhadap remaja penyandang autis (studi kasus pada 3 keluarga di perumahan kayu manis way halim Bandar lampung). Selain itu mendiskripsikan bentuk-bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua dan pola asuh apa yang diterapkan oleh orang tua untuk anak-anak remajanya. Dalam membantu menemukan sebuah bakat dan minat yang dimiliki oleh anak-anak remajanya, dan menemukan sebuah kemampuan bakat apa yang dimiliki setiap anak-anak remaja mereka. Pola asuh orang tua merupakan pola asuh yang pertama yang harus dilakukan oleh orang tua agar orang tua mampu untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan para anak-anak remajanya. Dan orang tua pun agar mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh setiap masing-masing anak-anak remaja mereka.Penelitian yang digunakan adalah deskritif.Subjek Penelitian merupakan tiga keluarga (para orang tua) yang memiliki anak autis dengan memiliki kemampuan dan minat bakat yang berbeda-beda. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian di analisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua yang diterapkan dalam membantu pengembangan diri setiap anak-anak remaja mereka yaitu dari setiap masing-masing orang tua dari anak-anak remaja autis mengarah pada pola asuh demokratis.Yaitu orang tua yang mengikuti jalan keinginan anak-anak remaja mereka.Yang diinginkan dan dijalankan anak-anak mereka sesuai dengan kemampuan anak-anak mereka yang mereka bisa dan inginkan walaupun begitu orang tua tetap mengkontrol dan mengarahkan kedepannya yang jauh lebih baik untuk anak-anak remaja mereka. Orang tua membantu mengembangkan diri anak autis dirumah dengan memberikan arahan, mengingat kan anak ketika anak mengalami kesulitan, orang tua memberikan pengarahan/instruksi kepada anak melibatkan kegiatan sehari-hari. Dan juga dari masing-masing orang tua memiliki sebuah betuk-bentuk pola asuh yang mereka inginkan dan terapkan kepada setiap masing-masing anak-anak remaja mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2020 04:36
Last Modified: 22 Dec 2020 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12735

Actions (login required)

View Item View Item