PENGARUH MODAL USAHA DAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI KERUPUK KEMPLANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Desa Sekip Rahayu Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung)

Muhammad, Nando Wahid (2020) PENGARUH MODAL USAHA DAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI KERUPUK KEMPLANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Desa Sekip Rahayu Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of REVISI SKRIPSI NANDO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah mempunyai peranan yang cukup penting dalam menyokong perkonomian masyarakat dan pembangunan ekonomi nasional. Meskipun industri kecil telah diakui memiliki peran dalam perekonomian masyarakat, namun dalam proses berjalannya usaha masih terdapat kendala yang dihadapi oleh pelaku industri kecil. Kendala tersebut antara lain keterbatasan modal usaha dan rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh modal usaha dan kualitas sumber daya manusia secara parsial terhadap perkembangan usaha home industri kerupuk kemplang desa Sekip Rahayu Kec. Bumi Waras Bandar Lampung? bagaimanakah pengaruh modal usaha dan kualitas sumber daya manusia secara bersama-sama terhadap perkembangan usaha home industri kerupuk kemplang desa Sekip Rahayu Kec. Bumi Waras Bandar Lampung? serta bagaimanakah pandangan ekonomi Islam terhadap modal usaha dan kualitas sumber daya manusia pada industri kerupuk kemplang desa Sekip Rahayu Kec. Bumi Waras Bandar Lampung? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, melalui hasil penyebaran kuesioner dengan sampel 40 responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik. Hasil uji penelitian dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, dapat dinyatakan secara parsial (uji T) bahwa variabel modal usaha tingkat signifikansi sebesar 0,010 < 0,05 dengan nilai t hitung yaitu 2,712 yang berarti H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel modal usaha berpengaruh positif terhadap perkembangan usaha dan variabel kualitas sumber daya manusia tingkat signifikansi sebesar 0,028 < 0,05 dengan nilai t hitung yaitu 2,295 yang berarti H2 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap perkembangan usaha. Sedangkan secara simultan (uji F) bahwa variabel modal usaha dan kualitas SDM tingkat sigifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung 19,372 yang berarti H3 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel modal usaha (X1) dan kualitas SDM (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap perkembangan usaha (Y). Lalu dalam pandangan ekonomi Islam modal usaha dalam industri kerupuk kemplang di desa Sekip Rahayu telah menerapkan prinsip ekonomi Islam namun belum dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil atau layanan, serta produktivitas barang dan jasa yang sudah sesuai dengan konsep profesionalisme (itqan), amanah, dan kejujuran. Namun dalam pelaksanaannya sumber permodalan masih pinjam meminjam dari pihak pembiayaan seperti bank konvensional yang mengandung unsur riba. Kata Kunci : modal usaha, kualitas SDM, perkembangan usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:59
Last Modified: 22 Dec 2020 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12731

Actions (login required)

View Item View Item