ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA ALAM GUNUNG BATU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan)

RIKA, OKTAVIANI (2020) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA ALAM GUNUNG BATU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT RIKA OKTAVIANI.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI lLENGKAP RIKA OKTAVIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pariwisata merupakan sektor yang sedang gencar dibicarakan saat ini, Sektor ini sangat menjanjikan dalam hal peningkatan ekonomi bagi pemerintah maupun rakyat. Dengan adanya pengembangan daya tarik objek wiasata di dalamnya tentu mampu membuat siapun akan merasa tertari untuk berkunjung. Seperti halnya Objek Wisata Alam Gunung Batu yang berada di Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, merupakan salah satu objek wiasata yang menawarkan keindahan alam berupa pegunungan bebatuan yang berukuran besar dan unik yang kini sedang berupaya mengembangkan objek wisatanya dan melibatkan masyarakat untuk berkontribusi dalam pengembangan objek wisata guna meningkatkan perekonomian bagi maayarakat setempat Rumusan amsalah dalam penelitain ini adalah bagaimana strategi pengembangan objek wisata alam Gunung Batu dalam meningkatkan pendapatan masyarakat desa sekitar dan bagaimana pandangan Ekonomi Islam mengenai strategi pengembangan objek wisata alam Gunung Batu dalam meningkatkan pendapatan masyarakat desa sekitar. Penelitain ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji strategi pengemabngan yang digunakan di objek wisata alam Gunung Batu dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dalam perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitain yang digunakan dalam penelitain ini adalah metode field research atau metode penelitian lapangan dan penelitian ini bersifat kuantitatif, yang bertujuan untuk menjekaskan kondisi secara langsung dan berupaya memberikan solusi terhadap permasalah yang ada dalam aspek kehidupan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitaian ini yaitu metode observasi, wawancara dan kuesioner. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa strategi yang dilakukan oleh pemerintah Desa Srikaton dalam mengembangkan objek wisata alam Gunung Batu diantaranya Peresmian, Promosi, Aktivitas, Aksesibilitas serta Sarana dan Prasarana dapat dikatakan cukup baik, walupun masih kurang optimaldan harus berupaya lebih dalam pemgembangan namun ini adalah langkah awal yang cukup baik setelah peresmian dan dengan adanya pengembangan tersebut telah membuat masyarakat tertarik untuk berkunjung ke Objek wisata alam Gunung Batu dan memberikan dampak kepada perekonomia masyarakat sekitar yang bekerja dan memiliki usaha di lokasi objek wisata. Strategi pengembangan yang dilakukan juga sudah sesuai dengan prisnsip Ekonomi Islam dan sesuai standar yang terkandung dalam Syariah Islam seperti merawat menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam dengan baik sesuai dengan syariat Islam. Kata Kunci: Objek Wisata, Pendapatan Masyarakat dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:30
Last Modified: 21 Dec 2020 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12669

Actions (login required)

View Item View Item