PERANAN PEMBIMBING AGAMA DALAM MENANGANI KORBAN PASCA BENCANA ALAM DI DESA PAREREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU

Putri, Mutiara Shani (2020) PERANAN PEMBIMBING AGAMA DALAM MENANGANI KORBAN PASCA BENCANA ALAM DI DESA PAREREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Bencana alam merupakan kejadian yang tidak dapat di prediksi kapan dan dimana akan terjadi, salah satunya adalah banjir, banjir merupakan salah satu bencana alam yang banyak mengancam wilayah- wilayah di Indonesia, banyak masalah yang terjadi akibat bencana alam banjir baik secara materi maupun non materi seperti korban yang mengalami trauma psikis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peranan Pembimbing Agama Dalam Menangani Korban Pasca Bencana Alam Di Desa Pare Rejo Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Proses pemulihan korban trauma psikis mengikutsertakan pembimbing agama. Pembimbing agama merupakan warga yang lebih banyak berinteraksi langsung dengan korban pasca bencana alam di Desa Pare Rejo Kecamatan Gading Rejo kapaten Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), Yaitu suatu jenis penelitian yang berusaha untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai permasalahan di lapangan. Dalam penelitian ini penulis meneliti tiga orang korban trauma pasca bencana alam dan satu pembimbing agama. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis yang penulis gunakan adalah analisis kualitatif . Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peranan pembimbing agama sangat membantu korban dalam proses penanganan korban pasca bencana alam. Karena pembimbing agama adalah seseorang yang membantu, memantau serta membimbing hingga korban akibat bencana alam bisa menjalani hidup yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:43
Last Modified: 17 Dec 2020 04:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item