PENGARUH LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 1 PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2019/2020

GALIH, ALAM RAMADHAN (2020) PENGARUH LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 1 PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI GALIH ALAM RAMADHAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG BAHAYA BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 1 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh GALIH ALAM RAMADHAN 1311080007 Pemahaman adalah kemampuan untuk menangkap pengertian dari sesuatu, yang secara komprehensif terbentuk dari tiga aspek yaitu, aspek terjemahan, pemaknaan dan ekstrapolasi yang kesemuanya harus dimiliki dengan baik untuk dapat memiliki pemahaman yang baik. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperiment, jenis eksperiment yang digunakan adalah quasy eksperiment group design yaitu desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperiment. Dalam penelitian ini responden dikelompokkan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelas eksperimen dan kelompok kedua adalah kelas kontrol. Kelompok pertama adalah siswa yang mendapat pembelajaran dengan layanan informasi menggunakan media video, sedangkan kelompok kedua adalah siswa tidak mendapatkan pembelajaran layanan informasi. Desain kuasi eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini berbentuk desain posttest control group design. Dimana diberi perlakuan pada kelompok eksperiment dan kontrol setelah itu diberikan test akhir (posttest). Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman bahaya bullying pada peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Pringsewu, Oktober 2019. Berdasarkan perhitungan rata-rata skor pemahaman bahaya bullying pada kelas VIII A dan VIII B pada awal pretest dengan skor 50.3077 dan 49.3077 mengalami peninggkatan menjadi 89.0000 dan 77.8462 setelah diberikan bimbingan belajar dengan menggunakan layanan informasi. Dari uji wilcoxon menggunakan SPSS versi 17 hasil tabel menunjukan output “Test statistik” maka diketahui kolom asymp sig (2 tailed) yang merupakan angka probabilitas p = 0,001; p < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian tingkat pemahaman bahaya bullying peserta didik kelas VIII A dan B MTs N 1 Pringsewu mengalami peningkatan setelah diberikan bimbingan belajar dengan menggunakan layanan informasi. Kata Kunci : Layanan Informasi, Pemahaman, Bahaya Bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:48
Last Modified: 16 Dec 2020 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12603

Actions (login required)

View Item View Item