PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE WITHIN SOLUTION POSING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP N 3 TULANG BAWANG TENGAH

BADRIYAH, Wartono (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE WITHIN SOLUTION POSING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP N 3 TULANG BAWANG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2-DAPUS.pdf] PDF
Download (618kB)
[thumbnail of SKRIPSI BADRIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan penguasaan konsep peserta didik yang masih rendah. Proses pembelajaran peserta didik kelas VII SMP N 3 Tulang Bawang Tengah penguasaan konsep rendah sehingga dibutuhkan model pembelajaran baru dalam mata pelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan penguasaan konsep. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem posing tipe whitin solution posing terhadap penguasaan konsep PAI peserta didik kelas VII di SMP N 3 Tulang Bawang Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP N 3 Tulang Bawang Tengah yang berjumlah 144 peserta didik dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperiment dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 56 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi dalam penelitian. Peneliti melakukan uji coba instrument sebelum instrument digunakan untuk penelitian dengan soal pilihan ganda dengan jumlah 25 soal kemudian peneliti menghitung uji validasi diperoleh 20 soal valid dan 5 soal drop. Setelah mendapatkan soal yang valid dilakukan uji reliabiltas yang diperoleh 0,997 dengan criteria sangat kuat, sehingga instrument layak digunakan. Uji tingkat kesukaran diperoleh 11 soal mudah dan 9 soal sedang dan uji daya beda diperoleh 1 soal buruk, 15 soal cukup, 8 soal cukup, 1 soal sangat baik. Hasil uji normalitas kelas eksperimen diperoleh nilai pretes 0,17 > 0,05 dan nilai postest 0,18 > 0,05 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai pretest 0,05 = 0,05 dan nilai postest 0,08 > 0,05. Uji homogenitas diperoleh 0,101 > 0,05 artinya instrument homogeny. Selanjutnya dilakukan uji t dengan taraf signifikasi 0,05 atau 5% didapat nilai sig 0,00 < 0,05 maka H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posing tipe within solution posing terhadap penguasaan konsep peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP N 3 Tulang Bawang Tengah. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Within Solution Posing, Penguasaan Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:30
Last Modified: 16 Dec 2020 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12601

Actions (login required)

View Item View Item