TINJAUAN SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) (Studi di Desa Gunung Labuhan Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan)

DEA, INDAH MONICA (2020) TINJAUAN SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) (Studi di Desa Gunung Labuhan Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT DEA INDAH MONICA 1621020473.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP DEA INDAH MONICA 1621020473.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pajak merupakan salah satu instrumen penting dalam sebuah negara dan warga negaranya. Hal ini dikarenakan pajak merupakan sumber pendapatan negara yang bermanfaat bagi pembagunan nasional dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. pajak sendiri adalah sebuah sumbangan wajib rakyat kepada negara yang sifatnya terutang dan berjangka, baik sebagai subjek pribadi maupun badan usaha. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam pasal 78 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yaitu bahwa: Subjek Pajak adalah orang pribadi atau orang yang secara nyata mempunyai suatu hak atas bumi atau memperoleh manfaat atas bumi dan memiliki, menguasai, serta memperoleh manfaat atas bangunan. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Gunung Labuhan Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan 2) Bagaimana tinjauan siyasah dusturiyah terhadap kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Gunung Labuhan Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Gunung Labuhan Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan 2) Untuk mengetahui tinjauan siyasah dusturiyah terhadap kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Gunung Labuhan Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research), dengan pendekatan kualitatif adalah suatu cara analisis hasil penelitian yang menghasilkan data deskriptif analisis yaitu data yang dinyatakan oleh informan secara tertulis atau lisan serta juga tingkah laku yang nyata, yang diteliti dan dipelajari sebagai sesuatu yang utuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian masyarakat memiliki kewajiban untuk membayar pajak, menurut siyasah dusturiyah hal itu wajib bagi masyarakat mampu yang sudah terkena pajak, tetapi pada kenyataannya menunjukan bahwa kesadaran masyarakat dalam membayar pajak di Desa Gunung Labuhan belum optimal. Ini dikarenakan kurangnya partisipasi masyarakat wajib pajak, dimana masih kurangnya kesadaran akan kewajibannya untuk membayar pajak sehingga petugas pemungut pajak pun kesulitan dalam pemungutan pajak. Hal inilah yang menyebabkan pembayaran pajak bumi dan bangunan tidak berjalan secara efektif. Dengan demikian, masyarakat tidak sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh agama ataupun negara dalam kehidupan bermasyarakat. Faktor dari kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak yaitu kurangnya sosialisasi dari Pemerintah Desa kepada masyarakat tentang pentingnya membayar PBB, besarnya pajak yang ditanggung oleh wajib pajak, keadaan ekonomi dan tidak adanya sanksi yang tegas kepada wajib pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:39
Last Modified: 14 Dec 2020 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item View Item