FUNGSI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM PENGEMBANGAN USAHA MASYARAKAT DI DESA NEGERI AGUNG KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS

Ghiffari Ananda Gumay, GUM (2020) FUNGSI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM PENGEMBANGAN USAHA MASYARAKAT DI DESA NEGERI AGUNG KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Desa merupakan salah satu tempat yang potensial bagi perekonomian suatu negara. Di sini lah banyak potensi yang dapat dikembangkan, selain itu juga banyak sumber daya alam yang tersedia di dalamnya. Apabila perekonomian Desa maju dan berkembang maka perekonomian Negara ikut maju dan berkembang. Pemerintah menyadari akan potensi desa yang begitu besar sehingga pemerintah menerbitkan sebuah kebijakan yakni Otonomi Daerah, maka banyak daerah yang memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan wilayahnya terutama mengembangkan Desa. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes dibentuk dengan tujuan untuk memperkuat Pendapatan Asli Desa (PAD), memajukan perekonomian desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi BUMDes dalam upaya pengembangan usaha masyarakat di Desa Negeri Agung Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi (BUMDes) dalam pengembangan usaha masyarakat di Desa Negeri Agung Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Alat yang penulis gunakan untuk pengumpulan data adalah hasil dokumentasi, wawancara dan observasi. Untuk menentukan sampel, menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang penulis berikan maka sampel berjumlah 7 orang yang terdiri dari pengurus BUMDes dan warga masyarakat pemilik usaha yang terikat dengan BUMDes Desa Negeri Agung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses pengelolaan BUMDes dalam pengembangan usaha masyarakat dilakukan melalui beberapa upaya, yaitu membuka unit peminjaman modal usaha, melakukan penyuluhan, membantu memasarkan produk-produk hasil kegiatan BUMDes dan pelatihan kewirausahaan.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa adanya BUMDes mampu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengembangkan usaha yang dimilikinya. Upaya-upaya dalam pengembangan SDM melalui BUMDes diberikan untuk menigkatkan kesejahteraan masyrakat serta membantu mengembangkan kegiatan usaha masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 10 Dec 2020 04:21
Last Modified: 10 Dec 2020 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12554

Actions (login required)

View Item View Item