PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CHART TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK TAHUN AJARAN 2020/2021

INDAH, INAYAH (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CHART TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDAH INAYAH .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CHART TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK Oleh: INDAH INAYAH 1611080426 Kedisiplinan belajar merupakan hal yang amat menentukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan. Kedisiplinan dalam belajar digunakan untuk mengontrol tingkah laku siswa agar tugas-tugas yang diberikan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu kedisiplinan membantu peserta didik untuk mengontrol tingkah laku yang dapat mengganggu proses belajar mengajar. Kedisiplinan belajar peserta didik di sekolah erat kaitannya dengan kedisiplinan belajar di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan belajar dengan Teknik behavior chart terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas X IPA 2 al-Azhar 3 Bandar Lampung. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pre Ekspeimental dengan jenis one group pretest and posttest design, seringkali dipandang sebagai eksperimen yang tidak sebenarnya, oleh karena itu sering disebut juga dengan istilah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 AlAzhar 3 Bandar Lampung. Hasil perhitungan rata-rata skor kedisiplinan belajar pada peserta didik sebelum mengikuti layanan bimbingan belajar dengan teknik behavior chart adalah 240 dan setelah mengikuti layanan bimbingan belajar dengan teknik behavior chart dengan skor 384. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan kedisiplinan belajar peserta didik selelah melaksanakan layanan bimbingan belajar dengan teknik behavior chart dengan diperoleh Ztabel 1,96 dan jumlah nilai sig adalah 0,002 < 0,05, maka Zhitung>Ztabel (-3,163 > 1.96) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai signifikan 0,05 (0.000 ≤ 0,05), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dan layanan bimbingan belajar dengan teknik behavior chart terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas X IPA 2 al-Azhar 3 Bandar Lampung. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Behavior Chart, Layanan Bimbingan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2020 04:55
Last Modified: 08 Dec 2020 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item View Item