PENGUATAN MENTAL SPIRITUAL SEBAGAI STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT ISLAM DI KABUPATEN PESAWARAN (Studi Pada Program Pemberdayaan Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung)

SUBHAN, SUB (2020) PENGUATAN MENTAL SPIRITUAL SEBAGAI STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT ISLAM DI KABUPATEN PESAWARAN (Studi Pada Program Pemberdayaan Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Disertasi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 3. Bab I1.pdf] PDF
Download (656kB)
[thumbnail of 4. Bab II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of 5. Bab III.pdf] PDF
Download (319kB)
[thumbnail of 1. Cover1.pdf] PDF
Download (462kB)

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga dakwah yang memiliki basis sosial di tengah-tengah masyarakat sekaligus menyatu dengan masyarakat. Pada fitrahnya bahwa pondok pesantren hidup dari, oleh dan untuk masyarakat. Hal ini kemudian yang menuntut peran serta fungsi pondok pesantren di masyarakat, bangsa maupun negara untuk menjadi pelopor dan penggerak upaya peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat dalam pembangunan. Eksistensi ini yang kemudian menuntut pondok pesantren untuk menjadi wadah tidak hanya sebagai pelaku pemberdayaan namun pesantren harus mampu menjadi agen perubahan sosial di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melihat fenomena sosial di masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah kyai pesantren, pengelola program, masyarakat dan lembaga atau institusi terkkait yang tentunya memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pesawaran, dengan subfokusnya adalah 1) Pengamatan lingkungan 2) perumusan strategi 3) implementasi strategi dan 4) evaluasi strategi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa secara mendalam strategi pemberdayaan ekonomi di Kabupaten Pesawaran serta untuk menganalisa kefektifan model strategi yang ditawarkan dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pesawaran dalam implementasinya adalah dengan cara dilakukan penguatan terhadap “pengembangan Mental Spiritual Masyarakat”, tentunya dengan melalui tahapan strategi pemberdayaan yang sudah diprogramkan oleh Pondok pesantren Darul Huffaz, yakni; 1) pembentukan kelompok masyarakat berdasarkan potensi

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 08 Dec 2020 04:01
Last Modified: 08 Dec 2020 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12535

Actions (login required)

View Item View Item