PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DALAM MENGARANG DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 6 KOTA BANDAR LAMPUNG

ALEN, TIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DALAM MENGARANG DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 6 KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf] PDF
Download (845kB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya mutu pendidikan memerlukan penanganan secara menyeluruh karena dalam kehidupan suatu bangsa pendidikan memegang peranan yang amat sangat penting untuk menjamin kehidupan bangsa dan negara. Dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar terdapat beberapa mata pelajaran, salah satunya mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia yang merupakan pelajaran yang membutuhkan kemampuan menulis sehingga dianggap sulit yang mengakibatkan perserta didik merasa kesulitan pada saat kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keaktifan belajar dalam mengarang deskripsi peserta didik kelas IV MIN 6 Kota Bandar Lampung?. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keaktifan belajar dalam mengarang deskripsi peserta didik kelas IV MIN 6 Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment, dimana dalam melakukan penelitian peneliti menggunakan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran think talk write dan kelas IV D sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran think pair share. Peserta didik/i kelas IV B terdiri dari 35 peserta didik dan kelas IV D terdiri dari 35 peserta didik. Untuk memperoleh hasil penelitian yang maksimal maka dalam penelitian ini terdapat beberapa proses pengolahan data yang peneliti lakukan. Angket yang peneliti gunakan untuk mendapatkan data sebelumnya peneliti uji keabsahan data untuk mengetahui kevalidan data dan reliabilitas data, kemudian peneliti melakukan uji prasyarat penelitian dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian setelah uji keabsahan data dan uji prasyarat penelitian terpenuhi tahap akhir peneliti menguji hipotesis untuk menemukan ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keaktifan Belajar Dalam Mengarang Deskripsi. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji t one sample t test dapat diketahui bahwa nilai t hitung adalah 23.246 dan nilai t tabel 1.689 yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keaktifan belajar dalam mengarang deskripsi peserta didik kelas IV MIN 6 Kota Bandar Lampung. Hal tersebut menyimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil pengaruh yang positif menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran pada MIN 6 Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Talk Write, Keaktifan Belajar, Mengarang Deskripsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Dec 2020 06:46
Last Modified: 03 Dec 2020 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12516

Actions (login required)

View Item View Item