PENGGUNAAN ALAT MUSIK PERKUSI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI KELOMPOK B1 RA BAITUL UMI PAJARESUK PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2016 -2017

Uminar, Ajeng Ninda (2017) PENGGUNAAN ALAT MUSIK PERKUSI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI KELOMPOK B1 RA BAITUL UMI PAJARESUK PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2016 -2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Uminar.pdf]
Preview
PDF
Download (68MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan musikal merupakan salah satu aspek penting yang harus diberikan kepada anak. Dengan musik anak mudah mengingat, dan memanipulasi pola-pola bentuk musik. Musik lebih banyak akan mempengaruhi kehidupan manusia baik dari bentuk irama musik, alat musik, serta lagu-lagu. Oleh karenanya, untuk meningkatkan kecerdasan musikal pada anak usia dini, seorang pendidik harus menggunakan alat musik perkusi sebagai alat bantu untuk meningkatkan kecerdasan musikal anak. Salah satu cara meningkatkannya adalah dengan menggunakan alat musik perkusi, dimana alat musik perkusi merupakan alat musik pukul yang dapat ditemui oleh anak-anak dilingkungan sekitarnya serta mampu memberi pengaruh positif dan edukasif untuk anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Atfhal Baitul Umi Pajaresuk Pringsewu pada peserta didik kelompok B1 tahun ajaran 2016 - 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan jenis penelitian kualitatif diskriptif. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan alat musik perkusi dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak kelompok B1 RA Baitul Umi Pajaresuk Pringsewu Tahun Ajaran 2016 - 2017”. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelompok B1, sedangkan objek penelitian adalah kecerdasan musikal anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian di RA Baitul Umi Pajaresuk Pringsewu maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat musik perkusi dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak di RA Baitul Umi Pajaresuk Pringsewu tahun ajaran 2016 - 2017 dengan hasil sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya kecerdasan musikal peserta didik yang mana pada pra siklus penelitian dapat diketahui peserta didik yang mencapai berkembang sangat baik belum ada dari semua peserta didik yang berjumlah 20 peserta didik. Kemudian pada siklus I peserta didik yang memiliki peningkatan kecerdasan musikal sangat baik masih belum menunjukan hasil. Dan pada siklus II bertambah lagi menjadi 1 peserta didik atau 80% peserta didik yang telah mencapai standar penilaian yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:48
Last Modified: 31 Aug 2017 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item View Item