FUNGSI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGUSAHA JAMUR TIRAM DI DUSUN III DESA MARGA AGUNG KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

WAHYUDI AGUS THIAS, THI (2020) FUNGSI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGUSAHA JAMUR TIRAM DI DUSUN III DESA MARGA AGUNG KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (19MB)

Abstract

KWT merupakan salah satu strategi dalam membentuk organisasi usahatani sebagai bentuk pemberdayaan, sebagai kelembagaan masyarakat yang pengembangan usahatani masyarakat desa dan pengembangan masyarakat pengentasan kemiskinan mencapai tarap hidup yang lebih baik di masyarakat Dusun 3 Desa Marga Agung, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Upaya–upaya masyarakat melalui pengembangan ekonomi menghadapi sejumlah kendala seperti kurangnya modal dalam persaingan, adanya persaingan sesama masyarakat dalam usaha, kurangnya perhatian dari pemerintah daerah maupun pusat, kualitas jamur tiram yang semakin sulit bersaing, kurangnya tata kelola management, sulitnya akses pemasaran, dan kurangnya jaringan maupun informasi. Dari permasalahan permasalahan tersebut sangat mempengaruhi terhambatnya suatu usaha sehingga masyarakat tidak mampu mengembangakan usaha jamur tiram tersebut. Sehubungan hal di atas, permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah apa fungsi Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Marga Agung dalam Pemberdayaan Masyarakat di desa Marga Agung dan bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui kelompok wanita tani (KWT) dalam usaha tani komoditas jamur tiram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Fungsi Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam pemberdayaan masyarakat di desa Marga Agung dan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui kelompok wanita tani (KWT) dalam usaha tani jamur tiram. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan beberapa penemuan data yang dirumuskan dalam bentuk katakata. Penulis mengambil data sampel dengan menggunakan purposive sampling.. Alat yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data adalah hasil dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaKelompok Wanita Tani dapat berfungsi sebagai bagian yang memproduksi komoditas, sebagai bagian usaha pengolahan, sebagai bagian kegiatan pemasaran, dan sebagai unit usahapemasaran. Proses pemberdayaan masyarakat petani jamur tiram juga dilakukan dengan memancing kreatifitas masyarakat petani jamur tiram. Kreatifitas masyarakat dilatih dengan menciptakan produk olahan dari jamur tiram, dengan kreatifitas yang dimiliki diharapkan masyarakat dapat melihat celah atau peluang berwirausaha, sehingga masyarakat petani jamur tiram dapat mengembangkan usahanya pada bidang yang lain selain bertani jamur tiram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:12
Last Modified: 25 Nov 2020 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12422

Actions (login required)

View Item View Item