MANAJEMEN LEMBAGA AMIL ZAKAT AKSI CEPAT TANGGAP (LAZ-ACT) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ KOTA BANDAR LAMPUNG

SINDY FITRI YANI, YAN (2020) MANAJEMEN LEMBAGA AMIL ZAKAT AKSI CEPAT TANGGAP (LAZ-ACT) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[thumbnail of SINDI FD.pdf] PDF
Download (16MB)

Abstract

Manajemen merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan dengan melalui suatu proses perencanaan, peroganisasian, pelaksanaan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Lembaga Amil Zakat merupakan lembaga pengelola zakat berstatus swasta yang mempunyai tujuan yang sama, pemikiran yang selaras, serta perencanaan dan pembagian tugas yang jelas untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Zakat merupakan nama bagi sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang diwajibkan oleh Allah untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan syarat tertentu pula. Mustahiq merupakan orang-orang yang berhak menerima zakat. Upaya meningkatkan kesejahteraan mustahiq merupakan suatu proses atau cara yang dilakukan untuk membantu mengubah kondisi yang sebelumnya kurang baik menjadi baik. Oleh sebab itu penulis ingin meneliti tentang manajemen lembaga amil zakat aksi cepat tanggap (LAZ-ACT) dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana manajemen lembaga amil zakat aksi cepat tanggap (LAZ-ACT) dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq dan apa saja upaya lembaga amil zakat aksi cepat tanggap (LAZ-ACT) dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menyediakan penelitian dengan menggunakan deskriptif dan bukan angka. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi,wawancara,dan dokumentasi. Penelitian sumber data berasal dari data primer diperoleh langsung yang tediri dari populasi berjumlah 9 orang dan 240 Mustahiq sedangkan sampel berjumlah 9 orang yang diambil dengan teknik Probality Sampling (teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel). sedangkan pada data sekunder berupa teori-teori, dokumen-dokumen, foto dari intansi, perpustakaan dan pihak lainnya. Semua data tersebut merupakan bahanbahan untuk mendeskripsikan tentang manajemen lembaga amil zakat aksi cepat tanggap (LAZ-ACT) dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiq. Hasil penelitian ini menunjukan dari proses sistem manajemen lembaga amil zakat aksi cepat tanggap (LAZ-ACT) baik dari fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan pengawasan menurut penulis sudah berjalan dengan baik sebagaimana semestinya , sedangkan untuk upaya meningkatkan kesejahteraan mustahiq walaupun belum maksimal akan tetapi sudah dikatakan berhasil mulai dari melalui program kegiatannya baik bersifat konsuntif maupun produktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:21
Last Modified: 25 Nov 2020 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12409

Actions (login required)

View Item View Item