KONSEP TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD DAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI DALAM KITAB USHULUT TARBIYATIL ISLAMIYAH WA ASALIBUHA)

Novita, Sari (2020) KONSEP TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD DAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI DALAM KITAB USHULUT TARBIYATIL ISLAMIYAH WA ASALIBUHA). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KONSEP TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD DAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI DALAM KITAB USHULUT TARBIYATIL ISLAMIYAH WA ASALIBUHA) Oleh: Novita Sari Pendidik anak di rumah adalah orang tua yang memiliki tanggung jawab sebagai teladan pertama bagi pembentukan pribadi anak. Tingkah laku atau kepribadian dalam kehidupan manusia merupakan hal yang sangat penting, sebab aspek ini sangat menentukan sikap identitas diri seseorang. Baik dan buruknya seseorang akan terlihat dari tingkah laku yang dimilikinya. Keburukan akhlak sangat berpotensi memicu timbulnya perilaku-perilaku negatif. Jika akhlak dari seseorang individu buruk, maka ia akan melahirkan berbagai perilaku yang dampaknya dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Dalam kasus tertentu sering ditemukan sikap dan perilaku orang tua yang keliru dalam memperlakukan anak. Misalnya, orang tua membiarkan anak-anaknya bercengkerama di jalan dan begadang hingga larut malam dengan menghabiskan waktunya hanya untuk bermain, mengejek satu sama lain dan saling berlomba melempar kata-kata kotor. Hilangnya keteladanan orang tua yang dirasakan anak memberikan peluang untuk mencari pigur yang lain sebagai tumpuan harapan untuk berbagi perasaan dalam duka dan lara. Adapun rumusan masalah yang dimaksud adalah apa persamaan dan perbedaan konsep tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan akhlak anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad dan menurut Abdurrahman An-Nahlawi dalam kitab Ushulut Tarbiyatil Islamiyah wa Asalibuha. Penelitian dalam skripsi ini termasuk ke dalam jenis penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Selanjutnya, dalam analisis data menggunakan analisis isi dengan metode komparatif, yaitu membandingkan persamaan dan perbedaan konsep tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan akhlak anak antara pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad dan Abdurrahman An-Nahlawi dalam kitab Ushulut Tarbiyatil Islamiyah wa Asalibuha. Setelah dilakukan kajian yang mendalam, penelitian ini menghasilkan kesimpulan, yaitu persamaan antara keduanya terdapat pada tanggung jawab orang tua, penyebab penyimpangan perilaku anak, dan cara mengatasi penyebab penyimpangan perilaku anak. Adapun perbedaannya terdapat pada tanggung jawab dalam memberikan perhatian dan pengawasan kepada anak. Kata Kunci:Tanggung Jawab Orang Tua, Pendidikan Akhlak Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:12
Last Modified: 19 Nov 2020 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item View Item