IMPLEMENTASI ASAS-ASAS UMUM PEMERINTAHAN YANG BAIK DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR. 30 TAHUN 2014 TENTANG ADMINISTRASI PEMERINTAHAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Kristin, Juliana (2020) IMPLEMENTASI ASAS-ASAS UMUM PEMERINTAHAN YANG BAIK DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR. 30 TAHUN 2014 TENTANG ADMINISTRASI PEMERINTAHAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kewajiban pemerintah adalah memberikan pelayanan publik yang menjadi hak setiap warga negaranya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah jenis pelayanan masyarakat yang terkait dengan tugas-tugas umum pemerintahan, seperti pelayanan pembuatan Kartu Keluarga. Adanya keluhan masyarakat terkait dengan pembuatan KK, dalam pemerintahan rasa puas masyarakat terpenuhi apabila yang diberikan oleh pemerintah sesuai dengan apa yang mereka harapkan misalnya, dikerjakan dalam waktu yang singkat dan biaya yang jelas. Melihat adanya keluhan dalam masyarakat penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan asas ketidakberpihakkan dan asas pelayanan yang baik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung dan Bagaimana pelaksanaannya menurut fiqh siyasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan asas ketidakberpihakkan dan asas pelayanan yang baik dan untuk mengetahui pelaksanaan asas-asas tersebut menurut fiqh siyasah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research, bersifat deskritif analisis yaitu data yang diperoleh dari lapangan kemudian disimpulkan lalu dianalisis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang terkumpul diolah melalui proses editing dn sistematisasi data. Sehingga menjadi bentuk karya ilmiah yang baik. Hasil penelitian yang di dapat adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam memberikan pelayanan sudah sesuai dengan prosedur yang ditentukan, setiap masyarakat diberikan lembaran kertas kecil yang berisi tanggal pengambilan dokumen. Masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandar lampung. Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga dapat di lakukan secara online melalui website disdukcapil, yang dapat diakses melalui Smartphone masing-masing. Namun, dalam pelayanan online ini ada keluhan dari masyarakat yang tidak memiliki hp dan tidak mengerti cara menggunakannya dan hal tersebut merupakan faktor penghambat dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil itu seniri. Faktor pendorongnya adalah Walikota datang langsung melihat kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung sehingga dihari yang sama pembuatan dokumen dapat diselesaikan. Faktor unggulan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung adalah Three In One : permohonan anak yang baru lahir dimasukkan ke dalam KK sekaligus mendapatkan Akta Kelahiran dan KIA. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung melakukan kerjasama dengan sekolah, lapas, rumah sakit, dan panti asuhan. Kesimpulan yang di dapatkan adalah pelayanan yang diberikan sudah baik dan sesuai dengan UU No. 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan. Dalam pandangan fiqh siyasah mengenai asas pelayanan yang baik dan asas ketidakberpihakkan sudah sesuai dengan prinsip pemerintahan yang amanah dan prinsip keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:17
Last Modified: 19 Nov 2020 02:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12324

Actions (login required)

View Item View Item