MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS ID SDN 1 SUKARAMI LAMPUNG BARAT

DELLA, BILLI UTAMI (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS ID SDN 1 SUKARAMI LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masih rendahnya kemampuan membaca di kelas III SDN 1 Sukarami Lampung Barat sangat berpengaruh pada proses pembelajaran. Dalam hasil wawancara dengan wali kelas III dapat di ambil kesimpulan bahwa masih rendahnya kemampuan membaca peserta didik di karenakan peserta didik yang malas untuk belajar membaca dirumah serta perhatian dalam belajar anak orang tua yang masih kurang dan metode pembelajaran yang belum sesuai dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Untuk itu diperlukan berbagai metode pembelajaran yang cocok salah satunya adalah metode Learning Start With a Question dalam mata pelajaran bahasa indonesia disekolah. Tujuan dari pemilihan metode ini adalah untuk membuat pelajaran lebih menyenangkan dan peserta didik dapat menerima sehingga dapat meningkatakan kemampuan membaca peserta didik.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 1 Sukarami Lampung Barat yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang berdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, penerapan Metode Learning Start With a Question, dan penutup. Dalam meningkatkan kemampuan belajar bahasa indonesia peserta didik kelas III SDN 1 Sukarami Lampung Barat. Alat pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan belajar peserta didik meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 12 peserta didik yang mencapai peningkatan dan 16 peserta didik yang belum mencapai peningkatan. Kemudian dilanjutkan pada siklus II Peningkatan terlihat pada siklus II, yaitu nilai hasil tes dengan rincian 23 peserta didik yang mencapai peningkatan, sedangkan yang belum meningkat sebanyak 5 peserta didik. Dengan demikian, peserta didik telah mencapai peningkatan dengan jumlah 82,14%. Kata kunci: Metode Learning Start With a Question,Kemampuan Membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2020 02:38
Last Modified: 16 Nov 2020 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12299

Actions (login required)

View Item View Item