PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs AL-IKHLAS WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR

Fauhatu Dritte, Izzatul Azmi (2020) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs AL-IKHLAS WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & 2.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh game online terhadap minat belajar pendidikan agama islam dan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif. Sumber data yang diperoleh berupa data primer. Adapun teknik pengambilan data berupa quesioner. Populasi penelitian ini berjumlah 78 responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 responden menggunakan teknik penentuan sampel dengan cara purposive sampling. Adapun analisi data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan game online sebagai variabel bebas atau independen dan minat belajar pendidikan agama islam sebagai variabel terikat atau dependen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, hasil hipotesis game online menunjukan nilai t hitung sebesar 4,082 dengan signifikan 0,000. Maka t hitung > t tabel (4,082 > 2,035) dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha, artinya ada pengaruh yang signifikan antara game online terhadap minat belajar pendidikan agama islam. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan hingga diperoleh nilai regresi linier Y= 22,399 + 0.564 X, sig.Lavel 0,000 < 0,05 (nilai alpha), maka kesimpulannya terdapat pengaruh antara game online dengan minat belajar pendidikan agama islam. Berdasarkan output yang diperoleh R2 (R square) sebesar 0,336 (0.579 x 0,579) atau 66,4%. Oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa game online memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar pendidikan agama islam pada peserta didik. Kata kunci : Game Online, Minat Belajar Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:08
Last Modified: 16 Nov 2020 01:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12292

Actions (login required)

View Item View Item