ANALISIS SIYASAH QADHAIYYAH TERHADAP PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM MENGADILI SENGKETA PEMILU

AHMAD, SUDIRMAN (2020) ANALISIS SIYASAH QADHAIYYAH TERHADAP PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM MENGADILI SENGKETA PEMILU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Peradilan Tata Usaha Negara memiliki tugas untuk mengadili atau menyelesaikan suatu sengketa pemerintahan atau administrasi negara melalui pejabat yang ada di Peradilan Tata Usaha Negara melalui Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 junto Undang-Undang Nomor 51 Tahun 2009 tentang Peradilan Tata Usaha Negara menjelaskanTata Usaha Negara merupakan administrasi negara yang memiliki peran dan fungsi untuk menyelesaikan urusan pemerintahan baik yang ada di pusat maupun yang ada di daerah dengan menerima, memeriksa, mengadili dan memutuskan perkara sengketa keadministrasian oleh sebab itu Peradilan Tata Usaha Negara diberika kewenangan atau tugas baru dalam menyelesaikan sengketa yaitu menyelesaikan sengketa proses pemilihan umum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pertama, Bagaimanakah peran dan fungsi lembaga Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dalam mengadili sengketa Pemilu dilihat dari hukum acara peradilan tata usaha negara?. Kedua, Bagaimanakah pandangan siyasah qadhaiyyahterhadap peran dan fungsi lembaga Pengadilan Tata Usaha Negara dalam mengadili sengketa Pemilu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan fungsi lembaga Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dalam mengadili sengketa Pemilu dilihat dari hukum acara peradilan tata usaha negara serta untuk mengetahui pandangan siyasah qadhaiyyahterhadap peran dan fungsi lembaga Pengadilan Tata Usaha Negara dalam mengadili sengketa Pemilu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan berbagai literatur (kepustakaan), metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dengan cara kualitatif dengan metode berfikir induktif dan deduktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat peneliti berikan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, peran dan fungsi Peradilan Tata Usaha Negara dalam menyelesaikan perselisihan atau sengketa pada proses pemilihan umum relatif sama dengan sengketa administrasi Negara pada umumnya yaitu memeriksa, memutuskan dan menyelesaikan sengketa tata usaha negara dengan keputusan yang bersifat individual, final dan mengikat sehingga keputusan yang dikeluarkan mempunyai akibat hukum secara perdata. Kedua, pandangan siyasah qadhaiyyah(kekuasaan kehakiman) terhadap peran dan fungsi lembaga PTUN dalam mengadili sengketa Pemilu, dibentuk untuk melakukan kontrol/pengawasan terhadap penguasa dan mengadili kezaliman yang dilakukan oleh penguasa terhadap rakyatnya termasuk dalam pembuatan kebijakan-kebijakan pada proses Pemilu yang dapat merugikan rakyat atapun peserta Pemilu serta keputusan yang di keluarkan oleh PTUN juga tidak boleh menimbulkan kerugian dan tidak ada unsur kezaliman terhadap hak-hak rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:17
Last Modified: 11 Nov 2020 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12267

Actions (login required)

View Item View Item