PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MA’ARIF TRITUNGGAL LAMPUNG TIMUR

BELLA, JANITA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MA’ARIF TRITUNGGAL LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL  BAB 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL BELLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MA’ARIF TRITUNGGAL LAMPUNG TIMUR Adanya perbaikan sebuah metode pembelajaran merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan baik, serta semangat yang tinggi dalam mengikuti pelajaran Akidah Akhlak sehingga suasana di dalam kelas tidak lagi membosankan maka guru menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Mata pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab Bergaul Dengan Saudara Dan Teman Kelas VIII MTs Ma’Arif Tritunggal kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2020. Kemudian Rumusan Masalah dalam skripsi yang penulis lakukan adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Mampu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Ma’arif Tritunggal Lampung Timur? Tujuan Untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran InquiryMata pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab Bergaul Dengan Saudara Dan Teman di MTs Ma’Arif Tritunggal kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2020. Metode penelitian jenis PTK ini menggunakan 2 siklus dengan langkah-langkah PTK dalam siklus tersebut terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi. Tehnik Pengumpul data yaitu menggunakan Observasi, Test, dokumentasi dan wawancara. Tehnik Analisisnya menggunakan alat pengumpul data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil Penelitian yaitu Pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry mendukung tercapainya hasil belajar siswa yang optimal. Suatu pengetahuan akan menjadi bermakna bagi siswa jika proses pembelajaran dilaksanakan dalam suatu konteks atau pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang kreatif. Simpulan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry yang meningkat pada setiap siklusnya, dengan persentase jumlah siswa yang sudah tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dengan persentase pada siklus I mencapai 58% dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu74,4 sedangkan pada siklus II Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase mencapai 91% dengan nilai rata-rata 81,9. Dengan demikian, maka penerapan model pembelajaran inquiry dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak meningkat dan bisa dikatakan berhasil. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2020 07:13
Last Modified: 10 Nov 2020 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12250

Actions (login required)

View Item View Item