PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELFMANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN LOCUS OF CONTROL PESERTA DIDIK DI TPA NURUL HUDA LAMPUNG BARAT

EMA, NURJANAH (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELFMANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN LOCUS OF CONTROL PESERTA DIDIK DI TPA NURUL HUDA LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI EMA NURJANAH bab 1,2, dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI EMA NURJANAH full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: EMA NURJANAH Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami masalah locus of control yang rendah yakni peserta didik yang kurang memiliki inisiatif, kurang suka berusaha, dan cenderung menyalahkan lingkungan, nasib dan keberuntungan yang mereka miliki. Dengan munculnya perilaku tersebut sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan locus of control peserta didik TPA Nurul Huda Lampung Barat. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh treatment yang diberikan terhadap locus of control peserta didik.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Pre- Eksperimen Design Dengan Metode One Group Pretest-Postest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 peserta didik TPA Nurul Huda Lampung Barat yang teridentifikasi memiliki locus of control rendah dan sedang. Teknik self-management dilakukan sebanyak 5 kali. Subyek diobservasi dua kali (Pretest dan Posttest). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi.Adapun hasil dapat diketahui bahwa diperoleh nilai Z-hitung untuk meningkatkan locus of control adalah Z-hitung -2.805 dengan Probabilitas value (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,005 ≤ 0,05 maka Ho ditolak. Berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai locus of control peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik self-management. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik selfmanagement dapat berpengaruh meningkatkan locus of control peserta didik TPA Nurul Huda Lampung Barat. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Self-Management, Locus Of Control

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:08
Last Modified: 05 Nov 2020 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12225

Actions (login required)

View Item View Item