IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA HASANUDDIN DESA SABAH LUPPAK KECAMATAN KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

GUSNALDI, PRAYUDA (2020) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA HASANUDDIN DESA SABAH LUPPAK KECAMATAN KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover_Bab1-2_Dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA HASANUDDIN DESA SABAH LUPPAK KECAMATAN KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS Disusun Oleh : Gusnaldi Prayuda NPM : 1511010273 Realitas yang terjadi di masyarakat terjadinya penurunan minat dan kemampuan membaca al-qur’an. Pendidikan al-qur’an menjadi urgent mengingat alqur’an mengandung ajaran yang dapat membantu memperbaiki dekadensi moral dan sebagai petunjuk hidup. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi metode an-nahdliyah dalam kemampuan membaca Al-Qur’an di TPA Hasanuddin ? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi metode An-Nahdliyah dalam kemampuan membaca Al-Qur’an di TPA Hasanuddin ?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan juga mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kemampuan membaca Al- Qur’an di TPA Hasanuddin desa Sabah Luppak Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif, tehnik pengumpulan data adalah dengan cara menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memudahkan peneliti dalam melakukan penelitian. Hasil penelitian implementasi metode an-nahdliyah dalam kemampuan membaca Al-Qur’an berjalan dengan baik. Terlihat dari usaha dan upaya yang dilakukan para asatidz untuk melakukan peningkatan mutu membaca Al-Qur’an dan peningkatan kemampuan santri dalam membaca al-qur’an dari yang tidak bisa membaca al-qur’an menjadi bisa dan lancar membaca al-qur’an. Peningkatan santri terlihat dari semakin meningkatnya kegemaran santri membaca al-qur’an, tidak bolos mengaji, santri membaca al-qur’an tanpa disuruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:38
Last Modified: 05 Nov 2020 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12217

Actions (login required)

View Item View Item