PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

NOVI, YASARI (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I - DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR Oleh Novi Yasari 1211050176 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar matematika sebagai media pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP. Adapun hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar matematika berbasis kontekstual berbantuan geogebra. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Model penelitian dan pengembangan ini terdiri atas 10 tahap yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk masal. Namun, dalam pengembangan ini hanya terbatas sampai 5 tahap saja yaitu perbaikan desain. karena penelitian ini hanya sampai pada uji coba terbatas yaitu respon peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui hasil kelayakan dari pengembangan bahan ajar matematika berbasis kontekstual berbantuan geogebra. Penilaian bahan ajar ini divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 guru matematika dan 28 peserta didik kelas VIII di SMPN 4 Way Tuba. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar respon peserta didik, yang hasilnya dianalisis secara kuantitatif serta kualitatif deskriptif berdasarkan saran dan masukan yang diberikan oleh validator. Hasil dari penelitian adalah tersusunnya bahan ajar matematika berbasis kontekstual berbantuan geogebra pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Hasil penilaian Bahan Ajar yang diperoleh antara lain ahli materi pada kategori sangat layak dengan komponen kelayakan isi sebesar 3,44, komponen kebahasaan sebesar 3,29, dan komponen kesesuaian bahan ajar matematika berbasis kontekstual berbantuan geogebra sebesar 3,50. Ahli media dengan kategori sangat layak dengan komponen kegrafikan sebesar 3,62 dan komponen penyajian sebesar 3,80. Praktisi pendidikan dengan kategori sangat layak sebesar 3,57. Uji coba terbatas respon peserta didik sebesar 3,36, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika berbasis kontekstual berbantuan geogebra masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga bahan ajar matematika berbasis kontekstual berbantuan geogebra pada materi bangun ruang sisi datar layak digunakan pada kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:49
Last Modified: 05 Nov 2020 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12200

Actions (login required)

View Item View Item