EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MELALUI TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Muhammad, Ridho Fadlurahman (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MELALUI TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (891kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MELALUI TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh Muhammad Ridho Fadlurahman Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 9 Bandar Lampung, sehingga perlu ada upaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik dengan memberikan layanan bimbingan belajar melalui teknik Motivational Interviewing. Layanan bimbingan belajar merupakan suatu proses bantuan untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan dalam belajar, dan memecahkan masalah-masalah belajar atau akademik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan bimbingan belajar melalui teknik Motivational Interviewing efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI jurusan IPA di SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental design jenis one group pre-test post-test design. Sampel penelitian berjumlah 10 peserta didik kelas XI jurusan IPA SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata pre-test sebesar 9,7, meningkat menjadi 23,8 pada skor Post-test. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon signed ranks test dengan taraf signifikasi 0,05 (5%), diperoleh nilai Z sebesar -2.814 dan asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,005. Artinya nilai 0,005 lebih kecil dari < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar melalui teknik Motivational Interviewing efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI jurusan IPA SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:30
Last Modified: 04 Nov 2020 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12191

Actions (login required)

View Item View Item