IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI KELAS X SMA N 01 SUNGKAI SELATA

BETI, RAMALIA PUTRI (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI KELAS X SMA N 01 SUNGKAI SELATA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan suatu proses yang ditempuh untuk mengembangkan dan mengoptimalkan potensi yang di miliki oleh seseorang untuk bekal dan sebagai landasan dimasa depan, urgensinya pendidikan tidak terlepas dari peran serta para pendidik dan para tutor yang membimbing peserta didik dalam keberhasilan menempuh pendidikan. Strategi pembelajaran yang diterapkan harus dapat mengikuti keadaan dan situasi dri dalam lingkungan sekolah dengan memperhatikan potensi setiap peserta didik, metode merupakan cara untuk dapat mengekploitasi bakat2 yang ada pada peserta didik, metode pendekatan Multiple Inteligence adalah hal yang paling vital untuk di terapkan pada suatu lembaga pendidikan dengan menawarkan berbagai metode yang ada didalamnya. Pendekatan Multiple Inteligence ini diharapkan mampu menopang dan menjadi solusi bagi tenaga pengajar untuk dapat beradaptasi dengan para anak didik agar dapat menghasilkan prestasi yang memuaskan. Oleh karena itu metode ini sangat penting digunakan bagi setiap lembaga pendidikan. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan belum diterapkannya metode multiple inteligence serta tujuan dari penelilitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil hasil belajar siswa kelas X dengan penerapan Multiple Intelegence pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungkai Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan penelitian tindakan kelas dalam sistem kolaboratif dengan melibatkan guru dalam proses pembelajaran, sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah sumber sata primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah memperlihatkan bahwa dari penerapan metode Multiple Intelegence ini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam pretsasi yang di peroleh oleh siswa sekolah menengah atas negeri 1 sungkai selatan telah mencapai indeks keberhasilan 89,2% jika di bandingkan dengan hasil belajar sebelum diterapkannya metode Multiple Intelegence dengan tingkat keberhasilan 60,7%. Sangat penting bagi para tutor maupun guru untuk dapat menerapkan metode ini karena akan lebih berpengaruh terhadap keberhasilan dalam peningkatan prestasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:27
Last Modified: 04 Nov 2020 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12186

Actions (login required)

View Item View Item