PENGEMBANGAN INSTRUMENT AUTHENTIC ASSESSMENT BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA PESERTA DIDIK KELAS X MATERI EKOLOGI

Umi, Umairoh (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMENT AUTHENTIC ASSESSMENT BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA PESERTA DIDIK KELAS X MATERI EKOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover_bab1-2_dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (496kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Al-azhar 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 13 Bandar Lampung dan MAN 2 Bandar Lampung diketahui bahwa proses evaluasi yang dilakukan di 3 sekolah belum secara maksimal dilakukan penilaian yang dapat mengukur berpikir kritis peserta didik. Penilaian yang dilakukan belum bersifat nyata atau rill dilakukan untuk kepentingan peserta didik, serta peserta didik tidak mengetahui kriteria penilaian yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik serta pendidik atau pengajar terhadap Instrument Authentic Assessment Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Peserta Didik Kelas X Materi Ekologi. Penelitian ini diharapkan dapat membantu tenaga pegajar atau guru dalam mengevaluasi atau memberikan penilaian kepada peserta didik pada aspek kognitif dan psikomotorik. Jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) ini menggunkan prosedur 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yang meliputi :1) Pendefinisian (Define), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Develop), dan 4) Penyebaran (Dessiminate). Data yang diperoleh akan di analisis menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Instrument Authentic Assessment Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dari empat aspek pengembangan, yaitu persentase validasi ahli materi 87%, ahli bahasa 84%, ahli media 87% dan ahli evaluasi 68%. Selanjutnya respon peserta didik pada uji skala kecil diperoleh rata- rata sebesar 81% sedangkan pada uji skala besar diperoleh rata-rata sebesar 78% dan respon tenaga pengajar atau guru di SMA Al-azhar 3 Bandar Lampung sebesar 78%, SMA Negeri 13 Bandar Lampung sebesar 95% dan MAN 2 Bandar Lampung sebesar 76%. Instrument Authentic Assessment Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) telah layak untuk digunakan sebagai evaluasi pembelajaran,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 07:22
Last Modified: 27 Oct 2020 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12146

Actions (login required)

View Item View Item