PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI STUDI ISLAM TERHADAP PERILAKU BERAGAMA MAHASISWA DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG

MUHAMAD, NURGHOZALI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI STUDI ISLAM TERHADAP PERILAKU BERAGAMA MAHASISWA DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRPSI MUHAMAD NURGHOZALI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSRAK PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI STUDI ISLAM TERHADAP PERILAKU BERAGAMA MAHASISWA DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG Studi Islam dalam bahasa Arab disebut dirasah Islamiyah sedangkan dalam kajian Islam Barat studi Islam disebut Islamic studies, yaitu memahami atau menganalisis secara mendalam hal-hal yang berkaitan dengan agama Islam, yang mencangkup pokok-pokok ajaran Islam, sejarah Islam, maupun realitas pelaksanaannya dalam kehidupan. Dalam hal ini juga Studi Islam merupakan disiplin ilmu yang menerangkan dasar seseorang dalam beragama. Oleh karenanya untuk menghadapi permasalahan tersebut, Ma`had Al- Jmi`ah UIN Raden Intan Lampung sebagai pesantren kampus telah menerapkan Studi Islam sebagai cara efektif sebagai usaha dalam untuk memperkuat Perilaku beragama mahasiswa UIN Raden Intan Lampung agar menjadi bagus. Perilaku keagamaan adalah tanggapan atau reaksi nyata seseorang sebagai akibat dari akumulasi pengalaman, pengalaman sebagai respon yang diterimanya, yang diwujudkan dalam bentuk ibadah keseharian seperti: sholat, puasa, sabar, tawakal, dan bergaul dengan sesama. Kaitannya dengan mahasiswa, religiusitas atau perilaku beragama dimanifestasikan dalam budaya kampus. Maka bagi mahasiswa muslim, religiusitas dapat diketahui dari seberapa jauh pengetahuan, keyakinan, pelaksanaan dan penghayatan atas agama Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang ditimbulkan oleh Pembelajaran materi Studi Isalam terhadap Perilaku Beragama Mahasiswa . Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey (survey research) Peneliti tidak memberikan perlakuan khusus atau tidak melakukan perubahan terhadap variabel-variabel yang diteliti dengan tujuan untuk menganalisa atas perlakuan yang sudah biasa terjadi. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tidak adanya korelasi antara studi Islam terhadap Perilaku beragama. Hal ini berdasarkan analisa data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis metode korelasi dengan menggunakan program SPSS 17.0 for windows. Dengan angka perbandingan r(hitung)>r(tabel) yaitu .082<0,220 yang dapat diartikan bahwa Ha di tolak. (Tidak ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran materi studi Islam terhadap perilaku beragama mahasiswa UIN Raden Intan Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 05:22
Last Modified: 27 Oct 2020 05:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12125

Actions (login required)

View Item View Item