IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X IPA 7 DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG Tahun Ajaran 2018/2019

Anggita, Cahya Ernani (2020) IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X IPA 7 DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN SISTEM KREDIT SEMESTER DALAM MENINGKAT MUTU PEMBELAJARAN PAI KELAS X IPA 7 DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG Tahun Ajaran 2018/2019 Oleh: Anggita Cahya Ernani Sistem kredit semester atau disebut dengan SKS bukan istilah kurikulum baru di dunia pendidikan terutama pendidikan tinggi. Dalam era kemajuan ini Sistem Kredit Semester (SKS) mulai diterapkan dalam dunia pendidikan menengah atas atau SMA. Program SKS ialah pelayanan pendidikan yang mampu menjadi solusi dalam permasalahan peserta didik dalam belajar disekolah, berharapnya dengan keiistimewaan atas bakat dan minat peserta didik dalam belajar disekolah, dengan harapan keistimewaan atas bakat dan minatnya dapat berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X IPA 7 di SMAN 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskritif, yang dilaksanakan di SMAN 9 Bandar Lampung pada bulan agustus-september tahun 2018. Subjek ini penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X IPA 7 SMAN 9 Bandar Lampung. Informan penelitian ini adalah Waka Kurikulum dan guru Mata pelajaran PAI. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yang dilakukan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SKS pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X IPA 7 SMAN 9 Bandar Lampung sudah menerapkan terlaksananya sistem SKS sejak tahun 2012/2013 dengan menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Beban belajar yang disebut SKS untuk mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 18 SKS. Strategi dan metode pembelajaran sudah sama dengan perguruan tinggi yakni karya tulis, belajar mandiri, presentasi dan praktek lapangan. RPP yang digunakan dilengkapi dengan UKBM. Penilaian mencangkup pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Adanya dukungan SKS di SMAN 9 Bandar Lampung menjadi faktor pendukung dan kurangnya kuantitas guru dan kelas regular hanya satu kelas saja di SMAN 9 Bandar Lampung menjadi faktor penghambar diterapkannya SKS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2020 06:01
Last Modified: 26 Oct 2020 06:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12112

Actions (login required)

View Item View Item